PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021)

Rolobessy, Iqbal Falerio (2023) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

[img] Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (538kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (689kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Lembar Konsultasi Iqbal)
lembar konsultasi _IQBAL FALERIO ROLOBESSY.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

This study aims to identify and analyze the effect of Disclosure of Corporate Social Responsibility and Company Size on Tax Aggressiveness (Empirical Study of Manufacturing Companies in the Consumer Goods Industry Sector Listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2021 Period) The strategy used in this study is quantitative research and this research uses secondary data in the form of financial reports and sustainability reports obtained from the Indonesia Stock Exchange (IDX) and/or the company's official website. The population in this study are manufacturing companies in the consumer goods sector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX), with an observation period of 3 years, from 2019 to 2021. The sampling method used in this study was purposive sampling. The data collection method uses financial reports and annual reports of related companies which can be accessed through www.idx.co.id which is the official website of the Indonesia Stock Exchange (IDX). For the period used, this study uses the period from 2019 to 2021. This study uses a multiple linear regression analysis method with Eviews software. The results of this study indicate that CSR disclosure does not affect the economic dimension of corporate tax aggressiveness. Disclosure of environmental dimensions of CSR has an effect on corporate tax aggressiveness. Disclosure of social dimensions of CSR has an effect on corporate tax aggressiveness. Company size has an effect on corporate tax aggressiveness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021) Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa financial report dan sustainability report yang didapat dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan atau situs resmi perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan periode pengamatan selama 3 tahun yakni dari 2019 sampai dengan 2021. Metoda pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan purposive sampling. Metoda pengumpulan data menggunakan financial report dan annual report perusahaan terkait yang dapat diakses melalui www.idx.co.id yang, merupakan situs resmi dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk periode yang digunakan, penelitian ini menggunakan periode tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan Software (perangkat lunak) Eviews. Hasil penelitian ini menunjukkan Pengungkapan CSR dimensi ekonomi tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak perusahaan. Pengungkapan CSR dimensi lingungan berpengaruh terhadap agresivitas pajak perusahaan. Pengungkapan CSR dimensi sosial berpengaruh terhadap agresivitas pajak perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSulistyowati, SulistyowatiNIDN0326097701sulistyowati@stei.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manajemen
Akuntansi > Perpajakan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: IQBAL FALERIO ROLOBESSY
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:41
Last Modified: 14 Sep 2023 01:41
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/10833

Actions (login required)

View Item View Item