EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEGIATAN INDUSTRIALISASI PERIKANAN KAWASAN EKOSISTEM SUNGAI DAN RAWA (Studi Kasus di Kabupaten Hulu Sungai Utara – Kalimantan Selatan)

indra sakti, indra (2013) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEGIATAN INDUSTRIALISASI PERIKANAN KAWASAN EKOSISTEM SUNGAI DAN RAWA (Studi Kasus di Kabupaten Hulu Sungai Utara – Kalimantan Selatan). IMFISERN.

[img] Text
Buku PUD_2013 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi kegiatan industrialisasi perikanan kawasan ekosistem sungai dan rawa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. Analisa penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan metode survey, serta dipaparkan secara deskriptif. Data primer yang dikumpulkan berkaitan dengan produktivitas perikanan sungai dan rawa, sedangkan data sekunder yang diidentifikasi meliputi: laporan tahunan; hasil penelitian; dan/atau kajian tentang pengelolaan sumber daya perairan umum (sungai dan rawa) Kabupaten HSU. Hasil penelitian menunjukan: (1) pemerintah daerah setempat belum mengutamakan pembangunan perikanan tangkap perairan umum di Kabupaten HSU; (2) otonomi daerah yang menjalankan pemerintahan sekarang kurang efektif menggali potensi sungai dan rawa secara komprehensif. Rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan produktivitas perairan umum (sungai dan rawa) di Kabupaten HSU: menciptakan program pengelolaan potensi sumber daya dan pengembangan infrastruktur dalam koridor industrialisasi secara komprehensif. Implikasi kebijakan: pemerintah (Kementerian Kelautan dan Perikanan) melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah, untuk menciptakan serta mendorong program pemberdayaan perairan umum (sungai dan rawa) berbasis industrialisasi di Kabupaten HSU pada tataran nasional. Kata Kunci: industrialisasi perikanan, perairan umum sungai dan rawa, Kalimantan Selatan, Hulu Sungai Utara

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: Indra Sakti
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:59
Last Modified: 13 Sep 2023 07:59
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/10837

Actions (login required)

View Item View Item