Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Web Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menabung Produk Digital Saving BRI Di Masa Pandemi Covid-19. (Studi Kasus pada nasabah BRI Cabang Jatinegara)

Imelda Aprileny, Leny (2024) Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Web Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menabung Produk Digital Saving BRI Di Masa Pandemi Covid-19. (Studi Kasus pada nasabah BRI Cabang Jatinegara). Jurnal IKRAITH Ekonomika, 7 (2). pp. 211-220. ISSN 2654-7538

[img] Text
Artikel2 Jurnal Ekonomika 24.pdf

Download (577kB)
Official URL: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-E...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kepercayaan, kualitas produk (web) dan persepsi risiko terhadap minat menabung produk digital saving BRI di masa pandemi Covid 19. Penelitian dilakukan terhadap nasabah BRI cabang Jatinegara dengan populasi sebesar 800 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling yaitu peneliti mengambil sampel yang kebetulan ditemuinya pada saat itu. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif dalam penelitian ini merupakan data yang bersumber langsung dari responden yang disajikan dalam bentuk skala likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan angket. Metoda statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan aplikasi WarpPLS 6.0. Hasil dari penelitian ini tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan (X1) terhadap minat menabung (Y). Terdapat pengaruh signifikan antara kualitas web (X2) terhadap minat menabung (Y). Terdapat pengaruh signifikan antara persepsi risiko (X3) terhadap minat menabung (Y). Untuk hasil pengujian simultan, kepercayaan, kualitas web dan persepsi risiko berpengaruh terhadap minat menabung sebesar 74%. Artinya 74% dari minat menabung di produk digital saving BRI di masa pandemi yang dilakukan oleh nasabah didasari oleh kepercayaan nasabah, kualitas web produk digital saving BRI dan jaminan persepsi risiko yang diberikan BRI dalam menjamin keamanan produk digital saving BRI di masa pandemi. Kata kunci : Kepercayaan, Kualitas Web, Persepsi Risiko, Minat Menabung.

Item Type: Article
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Imelda - Aprileny
Date Deposited: 22 Jan 2024 05:56
Last Modified: 22 Jan 2024 05:56
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/11876

Actions (login required)

View Item View Item