PENGARUH PERSEPSI RISIKO, REVIEW KONSUMEN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SHOPEE (Studi Kasus Konsumen Komplek TNI-AD I Cakung, Jakarta Timur)

Hartati, Sri (2020) PENGARUH PERSEPSI RISIKO, REVIEW KONSUMEN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SHOPEE (Studi Kasus Konsumen Komplek TNI-AD I Cakung, Jakarta Timur). Pengaruh Persepsi Risiko, Review Konsumen, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Shopee (Studi Kasus Konsumen Komplek TNI-AD I Cakung, Jakarta Timur). (Unpublished)

[img] Text (ARTIKEL INDONESIA)
21160000015_Artikel Indonesia_2020.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (944kB)
[img] Text (ARTIKEL INGGRIS)
21160000015_Artikel Inggris_2020.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, review konsumen, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Shopee di Komplek TNI-AD I Cakung, Jakarta Timur. Keputusan pembelian sebagai variabel dependen, sedangkan persepsi risiko, review konsumen, dan kepercayaan sebagai variabel independen. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen Komplek TNI-AD I Cakung, Jakarta Timur yang telah menggunakan Shopee. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan koefisien determinasi dengan SPSS Versi 23.00 dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metoda survei dengan pengamatan langsung dan menyebarkan kuesioner langsung kepada para responden. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial maupun simultan variabel persepsi risiko, review konsumen, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Shopee. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik persepsi risiko, review konsumen, dan kepercayaan yang diberikan pihak Shopee pada konsumen maka akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen pada Shopee. Temuan dalam penelitian ini bermanfaat bagi pihak Shopee dalam meningkatkan kepercayaan serta mengurangi risiko dalam pembelian yang dilakukan oleh konsumen agar menjadi situs belanja online nomor satu yang dapat dipercaya. This research aims to determine the influence of risk perception, consumer review, and confidence in consumer purchasing decision on Shopee in the ARMY complex-AD I Cakung, East Jakarta. Purchase decisions as dependent variables, while perception of risk, consumer reviews, and trust as independent The research aims to test whether there is a positive and significant influence between risk perception, review consume, and trust in the purchasing decision of Shopee in Komplek TNI-AD I Cakung, Jakarta Timur.This study uses a type of quantitative approach. The population of this research is a consumer of TNI-AD Complex I Cakung, East Jakarta who has used Shopee. The sample in this study numbered 89 respondents using Purposive Sampling technique. Analysis of the data of this study using the determination coefficient with SPSS Version 23.00 with hypothesis testing using t test and F test.The results of the study prove that partially and simultaneously variable risk perception, consumer review, and confidence have a significant effect on consumer purchasing decisions on Shopee. This shows that the better the risk perception, consumer review, and trust that Shopee has given to consumers will increase consumer purchasing decisions on Shopee.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSumitro, SumitroUNSPECIFIEDsumitrosgm@gmail.com
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Users 1066 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:44
Last Modified: 15 Oct 2020 02:44
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item