PENGARUH LEVERAGE, KESEMPATAN BERTUMBUH DAN PROFITABILITAS TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (Studi pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019) THE EFFECT OF LEVERAGE, GROWTH OPPORTUNITIES AND PROFITABILITY ON EARNINGS RESPONSE COEFFICIENTS (Study on Consumer Goods Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange 2015-2019)

Pangidoan, Mikhael Tulus and Chusnah, Flourien Nurul (2020) PENGARUH LEVERAGE, KESEMPATAN BERTUMBUH DAN PROFITABILITAS TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (Studi pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019) THE EFFECT OF LEVERAGE, GROWTH OPPORTUNITIES AND PROFITABILITY ON EARNINGS RESPONSE COEFFICIENTS (Study on Consumer Goods Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange 2015-2019). PENGARUH LEVERAGE, KESEMPATAN BERTUMBUH DAN PROFITABILITAS TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (Studi pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). (Unpublished)

[img] Text (ARTIKAEL BAHASA INDONESIA)
Naskah Publikasi_Mikhael Tulus Pangidoan_11160000307.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (ARTICLE IN ENGLISH)
Naskah Publikasi (English)_Mikhael Tulus Pangidoan_11160000307.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel leverage, kesempatan bertumbuh dan profitabilitas terhadap koefisien respon laba pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan strategi penelitian asosiatif kausal, dengan pendekatan kuantitatif dan metoda analisis data menggunakan analisis regresi data panel pada software Eviews 10. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 26 perusahaan. Penelitian ini menggunakan variabel dependen, variabel kontrol dan variabel independen. Sebagai variabel dependen dalam peneltian ini adalah leverage, kesempatan bertumbuh dan profitabilitas, serta variabel kontrol pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan terhadap variabel independen yaitu koefisien respon laba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial leverage memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap koefisien respon laba. Namun kesempatan bertumbuh dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap koefisien respon laba. Secara simultan leverage, kesempatan bertumbuh dan profitabilitas berpengaruh terhadap koefisien respon laba. Kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 6.42%. Sisanya 93.58% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan pada penelitian ini. Kata Kunci: Leverage, Kesempatan Bertumbuh, Profitabilitas, Koefisien Respon Laba Abstract - This study aims to determine the effect of leverage, growth opportunities and profitability variables on the earnings response coefficient in consumer goods sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). This study uses a causal associative research strategy, with a quantitative approach and data analysis methods using panel data regression analysis in Eviews 10 software. The population of this study is all consumer goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2019. The sample was determined based on the purposive sampling method, in order to obtain a sample of 26 companies. This study uses the dependent variable, control variables and independent variables. The dependent variable in this study is leverage, growth opportunities and profitability, and the control variable in this study is firm size to the independent variable, namely the earnings response coefficient. The results of this study indicate that partially leverage has a significant negative effect on the earnings response coefficient. However, growth opportunities and profitability have no effect on the earnings response coefficient. Simultaneously, leverage, growth opportunities and profitability affect the earnings response coefficient. The ability of the independent variable in explaining the dependent variable is 6.42%. The remaining 93.58% is explained by other variables not included in this study. Keywords : Leverage, Growth Opportunities, Profitability, Earnings Response Coefficient

Item Type: Article
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Mikhael Tulus Pangidoan
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:22
Last Modified: 23 Nov 2020 02:22
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item