ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN AKUNTABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016-2018)

Muthmainnah, Muthmainnah and Chusnah, Flourien Nurul (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN AKUNTABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016-2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN AKUNTABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016-2018). (Unpublished)

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI_INDONESIA)
11160600250_Artikel Indonesia_2020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (476kB)
[img] Text (NASKAH PUBLIKASI_INGGRIS)
11160600250_Artikel Inggris_2020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dengan akuntabilitas sebagai variabel moderating dengan studi pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diukur dengan metode berbasis regresi linear berganda serta uji Moderated Regression Analysis (MRA) dengan Eviews 10.0. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016 sampai tahun 2018. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah dengan puposive sampling,dengan jumlah sampel 126 perusahaan sehingga total observasi yaitu 378 observasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang berasal dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) melalui website www.idx.co.id dan www.ojk.go.id. Hasil penelitian membuktikan bahwa profitabilitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan. Pendayagunaan aset memiliki pengaruh signifikan terhadap ISR. Leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap ISR. Terakhir akuntabilitas mampu memoderasi variabel pendayagunaan aset dan leverage terhadap pengungkapan ISR This study aims to examine the factors that influence the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) with accountability as a moderating variable by studying companies listed on the Indonesian Sharia Stock Index (ISSI). This study uses measured by multiple linear regression-based methods and Moderated Regression Analysis (MRA) test with Eviews 10.0. The population of this study were companies listed on the Indonesian Sharia Stock Index (ISSI) from 2016 to 2018. The sampling technique in this study was purposive sampling, with a sample size of 126 companies so that the total observation was 378 observations. The data used in this study are secondary data from the Indonesia Stock Exchange (BEI) and Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) through the website www.idx.co.id and www.ojk.go.id. The results prove that profitability does not have a significant effect on the ISR disclosure. Utilization of assets has a significant effect on ISR. Leverage has a significant effect on ISR. Finally, accountability is able to moderate the variables of asset utilization and leverage on ISR disclosures.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Pendayagunaan Aset, Leverage, Akuntabilitas dan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Syariah
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Users 1262 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2020 00:27
Last Modified: 08 Dec 2020 00:27
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item View Item