ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU VANS (Studi Konsumen di Outlet Vans Mal Kota Kasablanka)

Isnan, Nandini Aisyah (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU VANS (Studi Konsumen di Outlet Vans Mal Kota Kasablanka). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU VANS (Studi Konsumen di Outlet Vans Mal Kota Kasablanka). (Unpublished)

[img] Text (2114000270_Artikel Indonesia_2020)
2114000270_Artikel Indonesia_2020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (931kB)
[img] Text (2114000270_Artikel Inggris_2020)
2114000270_Artikel Inggris_2020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap proses keputusan pembelian sepatu Vans pada konsumen di Outlet Mal Kota Kasablanka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi asosiatif. Penelitian dengan strategi asosiatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel atau lebih. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan cara melakukan observasi dan mengumpulkan data dengan kuesioner, sehingga dengan data yang diperoleh penulis memperoleh hasil penelitian dan memberikan penjelasan dengan cukup jelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sepatu Vans di Outlet Mal Kota Kasablanka, dan mendapat jumlah sampel responden sebanyak 97 responden. Metode analisis penelitian ini adalah analisis koefisien determinasi parsial dan simultan, serta uji hipotesis dengan program SPSS 25. Hasil penelitian parsial menunjukkan bahwa variabel faktor budaya terhadap proses keputusan pembelian 1,0% , faktor sosial 0,4%, faktor pribadi 9,5%, dan faktor psikologis 17,1%. Dengan demikian, kontribusi pengaruh parsial paling besar atau dominan adalah faktor psikologis sebesar 17,1%. Kontribusi pengaruh simultan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis sebesar 66,75%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan taraf nyata (α = 5%) diperoleh hasil bahwa secara parsial faktor budaya dan faktor sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian sepatu Vans, sedangkan faktor pribadi dan faktor psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian sepatu Vans. Namun secara simultan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis memiliki pengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian sepatu Vans.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSugiharti, EndangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, dan Proses Keputusan Pembelian
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Users 885 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:04
Last Modified: 05 Jan 2021 03:04
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item