PENILAIAN KINERJA BERBASIS BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN WARALABA PT. OTEWE MAJU BERSAMA

JAYANTI, DESY PENILAIAN KINERJA BERBASIS BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN WARALABA PT. OTEWE MAJU BERSAMA. PENILAIAN KINERJA BERBASIS BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN WARALABA PT. OTEWE MAJU BERSAMA. (Unpublished)

[img] Text (Artikel Bahasa Indonesia)
Publikasi Nasional Indonesia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (468kB)
[img] Text (Article in English)
Publikasi Nasional English.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja BSC pada perusahaan waralaba PT. OMB berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi penelitian adalah seluruh cabang waralaba PT. OMB yang berjumlah 55 cabang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara tidak acak yang informasinya diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Kriteria-kriteria yang ditetapkan yaitu: (1). Cabang beroperasi lebih dari 3 bulan serta (2). Cabang berada di wilayah Jakarta. Sehingga sampel yang dipilih adalah sebanyak 3 restoran. Responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Otewe Maju Bersama dan pelanggan restoran milik PT. Otewe Maju Bersama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dalam perspektif keuangan sudah baik, Hal ini dilihat karena sudah dapat melakukan kenaikan persentase pertumbuhan sesuai dengan rencana yang dilakukan perusahaan. Dari perspektif pelanggan bahwa kinerja dikatakan baik, ini dilihat dari nilai rata-rata item pernyataan pada perspektif pelanggan yang menunjukkan jawaban responden pelanggan cenderung dengan jawaban setuju dan sangat setuju dan memiliki interpretasi baik. Tingkat kepuasan dan kepercayaan pelangganggan mencapai 94%. Sementara dari perspektif proses bisnis internal dikatakan baik, ini dapat dilihat dari Inovasi yang dilakukan oleh Ropang OTW selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan pasar dan keinginan pelanggan serta perusahaan selalu melakukan upaya melalui penataan strategi dibidang bisnis dan manejemen. Inovasi dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan. Serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sudah baik, ini dapat dilihat dari nilai rata-rata item pernyataan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang menunjukkan jawaban responden cenderung dengan jawaban setuju dan sangat setuju. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard This study aims to determine the performance of the BSC in the franchise company PT. Otewe Maju Bersama is based on a financial perspective, customer perspective, internal business process perspective as well as learning and growth perspective. This research method is a quantitative method with a case study approach. The study population is all branches of the franchise PT. Otewe Maju Bersama, amounting to 55 branches. Sampling is done by using purposive sampling technique which is a type of non-random sample selection for which information is obtained using certain considerations. The criteria specified are: (1). Branches operating for more than 3 months and (2). Branch is in the Jakarta area. So the sample chosen was 3 restaurants. The respondents chosen in this study were employees of PT. Otewe Maju Bersama and restaurant customers owned by PT. Otewe Forward Together. The results of this study indicate that performance in a financial perspective is good. This is seen because it has been able to increase the percentage of growth in accordance with the plans made by the company. From the customer's perspective that performance is said to be good, this is seen from the average value of statement items on the customer's perspective that shows the answers of customer respondents tend to agree with answers and strongly agree and have good interpretation. The level of customer satisfaction and trust reaches 94%. While from the perspective of internal business processes it is said to be good, this can be seen from the Innovations made by Ropang OTW always trying to keep abreast of market developments and the desires of customers and companies always make efforts through structuring strategies in business and management. Innovations are made to provide excellent service for customers. As well as learning and growth perspectives are good, this can be seen from the average value of statement items on the learning and growth perspective which shows respondents' answers tend to be with answers agree and strongly agree. Keywords: Performance Measurement, Balanced Scorecard

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSuriawinata, ImanUNSPECIFIEDiman.suriawinata@stei.ac.id
Thesis advisorMAIS, rimi guslianaUNSPECIFIEDrimi_gusliana@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Perpajakan
Akuntansi > Sistem Informasi Akuntansi
Depositing User: Users 1311 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2021 00:44
Last Modified: 08 Jan 2021 00:44
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/3005

Actions (login required)

View Item View Item