PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia) / THE EFFECT OF PROFITABILITY ON THE VALUE OF THE COMPANY WITH THE DISCLOSURE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AND MANAGEMENT OWNERSHIP AS MODERATING VARIABLES (Case Study on Manufacturing Companies on the Indonesia Stock Exchange)

Febriyanti, Erika and Krisnando, Krisnando (2020) PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia) / THE EFFECT OF PROFITABILITY ON THE VALUE OF THE COMPANY WITH THE DISCLOSURE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AND MANAGEMENT OWNERSHIP AS MODERATING VARIABLES (Case Study on Manufacturing Companies on the Indonesia Stock Exchange). PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KEPEMILIKAN MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). (Unpublished)

[img] Text (Artikel Bahasa Indonesia)
11177000091_ArtikelIndonesia_2019-2020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (443kB)
[img] Text (Artikel Bahasa Inggris)
11177000091_ArtikelInggris_2019-2020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (378kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah profitabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, pengungkapan CSR memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan kepemilikan manajerial memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 34 Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknis analisis berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 25 (Statistical Product and Services Solution) dengan menggunakan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) Pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kinerja keuangan dengan nilai perusahaan, 3) Kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara ROE terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR dapat memperlemah pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi CSR yang dilakukan perusahaan menyebabkan bertambahnya beban perusahaan. Kepemilikan Manajerial dapat memperkuat nilai perusahaan. / This study aims to determine whether profitability has an influence on firm value, CSR disclosure moderates the effect of profitability on firm value and managerial ownership moderates the effect of profitability on firm value. The population in this study were 34 manufacturing companies on the Indonesia Stock Exchange. The research hypothesis testing used multiple analysis techniques with the SPSS 25 application tool (Statistical Product and Services Solution) using moderated regression analysis. The results showed that: 1) ROE has no significant effect on firm value, 2) CSR disclosure has no effect on the relationship between financial performance and firm value, 3) Managerial ownership has a significant effect on the relationship between ROE and firm value. The results showed that CSR can weaken the effect of profitability on firm value. The higher the CSR carried out by the company, the higher the company's burden. Managerial ownership can strengthen company value.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ROE, Nilai Perusahaan, Kepemilikan Manajerial / ROE, Company Value, Managerial Ownership
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Users 329 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 09:27
Last Modified: 13 Jan 2021 09:27
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/3205

Actions (login required)

View Item View Item