ANALISIS SISTEM PELAYANAN DAN KEDATANGAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE M/M/2 PADA KLINIK SUKMA ANGGREK JAKARTA TIMUR

Nurhalimah, Mardiana and Farmansjah, Maliki (2021) ANALISIS SISTEM PELAYANAN DAN KEDATANGAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE M/M/2 PADA KLINIK SUKMA ANGGREK JAKARTA TIMUR. ANALISIS SISTEM PELAYANAN DAN KEDATANGAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE M/M/2 PADA KLINIK SUKMA ANGGREK JAKARTA TIMUR. pp. 1-25. (Unpublished)

[img] Text (Artikel Bahasa Indonesia)
21150000414_NURHALIMAH MARDIANA_Jurnal Indonesia.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (Artikel Bahasa Inggris)
21150000414_NURHALIMAH MARDIANA_Jurnal Inggris.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kerja, proses kedatangan serta pengoptimalan sistem pelayanan Klinik Sukma Anggrek dengan menggunakan teori antrian M/M/S. Dalam perkembangan dunia bisnis, suatu perusahaan atau instansi yang besar maupun kecil akan selalu berupaya meningkatkan kualitas perusahaannya untuk menyenangkan hati para pelanggan, salah satunya adalah meningkatkan pelayanan. Metode analisis data menggunakan perangkat lunak software POM-QM ver 5.3 dengan modul waiting lines. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Klinik Sukma Anggrek Jakarta Timur mempunyai 3 poli pelayanan dengan nilai rata-rata kedatangan pasien (λ) sebesar 20 pasien per jam. Untuk mengoptimalkan jumlah pelayanan, maka peneliti melakukan evaluasi sistem antrian dengan mengan menambahkan jumlah poli pelayanan menjadi 4 poli pelayanan. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa setelah penambahan jumlah poli pelayanan maka Klinik Sukma Anggrek Jakarta Timur memiliki rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pasien dalam sistem 〖(W〗_s) dengan 4 poli pelayanan sudah sesuai dengan standar waktu yang ditetapkan oleh klinik, hasilnya yaitu 5.22448 menit. Hal ini juga menunjukan berkurangnya rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pasien yang menunggu dalam antrian 〖(W〗_q) menjadi 0.22448

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorFarmansjah, MalikiUNSPECIFIEDfarmansjah@stei.ac.id
Uncontrolled Keywords: Sistem Pelayanan, Sistem Antrian, Metode M/M/S
Subjects: Manajemen > Manajemen Operasional
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Users 1296 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 12:15
Last Modified: 18 Jan 2021 12:15
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item