Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisasi Pelayanan Teller Pada PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase

Maryana, Anisa Dian (2020) Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisasi Pelayanan Teller Pada PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase. Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisasi Pelayanan Teller Pada PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase. pp. 1-15. (Unpublished)

[img] Text (Artikel Indonesia)
Artikel Indonesia.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (Artikel Inggris)
Artikel Inggris.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (997kB)
[img] Text (JurnalSTEI_21160000103_2020)
JurnalSTEI_21160000103_2020.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis suatu kinerja sistem antrian dan cara pengoptimalan nasabah dengan menggunakan teori antrian pada bagian teller PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu sampel yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti untuk mendapatkan sampel yang tepat, karena tidak semua sampel memiliki kriteria sesuai dengan peneliti tentukan. Sampel diperoleh sebanyak 1361 orang nasabah selama penelitian 15 hari kerja pada bagian teller. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang bertransaksi pada teller PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan studi pustaka. Metoda statistik yang digunakan adalah analisis sistem antrian jalur berganda (M/M/S) dengan aplikasi POM-QM for Windows versi 3.0 dengan modul Waiting Lines. Kinerja sistem antrian pada PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok terlihat bahwa rata-rata kedatangan nasabah terbanyak dalam 5 hari waktu kerja yaitu pada hari rabu dan kedatangan nasabah sedikit pada hari senin. Standar waktu pelayanan 1 menit dan rata-rata tingkat pelayanan perjam adalah 60 orang. Rata-rata tingkat kegunaan 4 orang teller dari waktu kerjanya masih jauh dari angka 100%. Peluang nasabah dalam sistem 77,71%, nasabah dalam sistem adalah 0 orang. Waktu yang dihabiskan seorang nasabah dalam sistem 1,00002 menit, nasabah yang menunggu dalam antrian 0 orang. Setelah di evaluasi rata-rata tingkat kegunaan 3 orang teller dari waktu kerjanya mendekati angka 100%. Peluang nasabah dalam sistem 77,72%. Rata-rata jumlah nasabah dalam sistem 0,2522468, nasabah dalam sistem adalah 0 orang. Waktu yang dihabiskan seorang nasabah dalam sistem 0,012576 menit, nasabah yang menunggu dalam antrian 0 orang. Pengoptimalan nasabah PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok dengan menggunakan 4 orang teller belum optimal, karena dilihat dari perhitungan rata-rata kegunaan pelayanan teller mempunyai waktu menganggur lebih banyak. Pada saat dievaluasi menjadi 3 orang teller sudah optimal, karena dilihat dari perhitungan rata-rata kegunaan pelayanan teller mempunyai waktu menganggur lebih rendah.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisoryani, MegaUNSPECIFIEDmegayani76@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi pelayanan, teller, teori antrian, jalur berganda (M/M/S)
Subjects: Manajemen > Manajemen Operasional
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Dian Maryana Anisa
Date Deposited: 21 Jan 2021 10:09
Last Modified: 21 Jan 2021 10:09
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item View Item