Farmansjah, Maliki (2020) ANALISIS POLA KEDATANGAN DAN PELAYANAN PADA SUATU SISTEM DENGAN PROBABILITAS DISTRIBUSI DAN EKSPONENSIAL PADA TELLER DI PT BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG KALIMALANG DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. (Unpublished)
Text
FARMANSJAH PENELITIAN BKD 2021 ANTRIAN.docx Download (4MB) |
|
Text
FARMANSJAH PENELITIAN BKD 2021 ANTRIAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola kedatangan dan pelayanan dengan probabilitas distribusi dan eksponensial yang digunakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia,Tbk khususnya Kantor Cabang Kalimalang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para nasabah Bank Rakyat Indonesia yang melakukan transaksi khususnya di teller pada hari Senin-Jum’at dimulai pukul 08.00-15.00 WIB dalam kondisi sepi ataupun ramai. Dari hasil pengamatan selama lima hari berturut-turut, Bank BRI KC Kalimalang mempunyai 4 orang teller (M) dengan standar pelayanan 2 menit per nasabah sehingga rata-rata tingkat pelayanan (μ) sebanyak 30 nasabah dalam interval 60 menit (per jam) dengan nilai rata-rata kedatangan nasabah (λ) yaitu 11,6 (12) orang. Rata-rata tingkat kegunaan pelayanan (ρ) sebesar 0,096666 atau 9,67% ini berarti pada saat pengamatan, tidak terjadi antrian yang panjang di Bank BRI KC Kalimalang. Untuk mengoptimalkan penggunaan teller, maka peneliti menyarankan pengurangan dari 4 teller yang terbuka menjadi 3 agar dialihkan ke pekerjaan/divisi lain yang sedang padat. Dari hasil pengurangan tersebut, didapat utitlitas teller (ρ) naik dari 9,67% menjadi 12,89% dan rata-rata waktu tunggu yang dihabiskan nasabah dalam sistem (Ws) tetap tercapai yakni 2,006644 menit sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan oleh Bank BRI KC Kalimalang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr Farmansjah Maliki |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 02:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 02:54 |
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/5061 |
Actions (login required)
View Item |