PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

Jannah, Evatul (2019) PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (BAB 1)
I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2)
II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (278kB)
[img] Text (BAB 3)
III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB)
[img] Text (BAB 4)
IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (264kB)
[img] Text (BAB 5)
V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas dan price earning ratio terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data yang bersifat kuantitatif yaitu berupa data Laporan Keuangan Perbankan tahun 2016 sampai dengan 2018 yang diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia: https://www.idx.co.id/. Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1). Leverage secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan hal ini dibuktikan dengan Prob t lebih kecil dari α (0.0102 < 0.05) sehingga H1 diterima. 2). Ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini dibuktikan dengan Prob t lebih kecil dari α (0.0000 < 0.05) sehingga H2 diterima. 3). Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini dibuktikan dengan Prob t lebih kecil dari α (0.0015 < 0.05) sehingga H3 diterima. 4). Price earning ratio secara parsial tidak berpengharuh terhadap nilai perusahaan hal ini dibuktikan dengan Prob t lebih kecil dari α (0.0000 < 0.05) sehingga H4 diterima. 5). Leverage, ukuran perusahan, profitabilitas, price earning ratio secara simultan berpengharuh signifikan terhadap nilai perusahaan hal ini dibuktikan dengan Prob F lebih kecil dari α (0.0000 < 0.05) sehingga H5 diterima. Kata Kunci: leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, price earning ratio, nilai perusahaan Leverage, company size, profitability and the ratio of acquisition price to company value either partially or simultaneously. The research strategy used in this study is a quantitative descriptive research strategy. In this study, the authors use quantitative data consisting of data from the 2016-2018 Banking Financial Reports obtained through the official website of the Indonesia Stock Exchange: https://www.idx.co.id/. The results of the study prove that: 1). Leverage with positive and significant significance to the value of the company is evidenced by a probability smaller than α (0.0102 <0.05) so that H1 is accepted. 2). The value of the company is positive and significant to the value of the company, this is evidenced by the probability smaller than α (0.0000 <0.05) so that H2 is accepted. 3). Positive and significant profitability on firm value, this is evidenced by the probability smaller than α (0.0015 <0.05) so that H3 is accepted. 4). Partial price earnings ratio has no effect on firm value, this is evidenced by a probability smaller than α (0.0000 <0.05) so that H4 is accepted. 5). Leverage, company size, profitability, price earning ratio, simultaneous significant effect on the value of the company is evidenced by Prob F is smaller than α (0.0000 <0.05) so that H5 is accepted. Key Words: leverage, company size, profitability, price earnings ratio, firm value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorNovyarni, NelliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 30 Sep 2021 10:04
Last Modified: 30 Sep 2021 10:04
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item