PENGARUH PROFITABILITAS PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP AUDIT FEE (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Diah Muslita, Novanti (2021) PENGARUH PROFITABILITAS PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP AUDIT FEE (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (Cover + Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (236kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (179kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (528kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen yaitu profitabilitas perusahaan, ukuran perusahaan dan ukuran kantor akuntan publik terhadap variabel dependen yaitu audit fee pada perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi pada penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur sektor Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 29 Perusahaan Manufaktur sektor Consumer Goods, sehingga total observasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 116 observasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Metoda pengumpulan data menggunakan dokumentasi melalui situs resmi IDX: www.idx.co.id. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi data panel dengan alat bantu aplikasi Eviews 11. Hasil penelitian yang telah diolah membuktikan bahwa: (1) variabel profitabilitas perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap audit fee dengan nilai probabilitas sebesar 0,0032 dengan nilai t hitung (t statistic) sebesar 3,009888; (2) variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap audit fee dengan nilai probabilitas sebesar 0,0000 dengan t hitung (t statistic) sebesar 4,791942; (3) variabel ukuran kantor akuntan publik berpengaruh positif signifikan terhadap audit fee dengan nilai probabilitas 0,0001 dan t hitung (t statistic) sebesar 4,122914; sementara itu, variabel profitabilitas perusahaan, ukuran perusahaan dan ukuran kantor akuntan publik secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap audit fee dengan nilai probabilitas sebesar 0,0000 dengan nilai Fhitung (F statistic) sebesar 27,29936.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorRatnaningsih, Rini0315067001rini_ratnaningsih@stei.ac.id
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Ukuran Kantor Akuntan publik dan Audit Fee
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manajemen
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Diah Muslita Novanti
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:02
Last Modified: 13 Oct 2021 04:02
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item