PEMILIHAN METODA PERAMALAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT PADA PT. WAHANA MAKMUR SEJATI

Nadhira, Hana (2019) PEMILIHAN METODA PERAMALAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT PADA PT. WAHANA MAKMUR SEJATI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + A BSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (201kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (476kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (538kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (687kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metoda apa yang terbaik dalam meramalkan volume penjualan sepeda motor Honda Beat Series pada Dealer PT. Wahana Makmur Sejati. Penelitian ini menggunakan metoda Time Series Analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data volume penjualan sepeda motor Honda Beat series di Dealer PT. Wahana Makmur Sejati dari awal beroperasi sampai dengan sekarang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan sampelnya adalah data volume penjualan dari Januari 2015 sampai dengan Desember 2017. Metoda peramalan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda data lewat, metoda rata-rata kumulatif, metoda rata-rata bergerak sederhana, metoda rata-rata bergerak berbobot, metoda rata-rata bergerak ganda, metoda penghalus eksponensial tunggal, metoda pengalus eksponensial ganda, metoda tren linier kuadrat terkecil, metoda tren parabolik atau kuadratik, metoda setengah rata-rata dan metoda dua parameter. Pengukuran akurasi peramalan yang digunakan adalah metoda rata-rata simpangan mutlak (MAD), metoda rata-rata kuadrat kesalahan (MSE) dan metoda rata-rata persentase kesalahan absolut (MAPE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari metoda yang dianalisis, maka metoda terbaik yang digunakan untuk meramalkan volume penjualan sepeda motor Honda Beat series adalah metoda penghalus eksponensial ganda, yang memiliki nilai kesalahan terkecil dengan MAD 6.38, MSE 65.88 dan MAPE 8.84%. Kata kunci : Metoda Peramalan, Volume Penjualan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metoda apa yang terbaik dalam meramalkan volume penjualan sepeda motor Honda Beat Series pada Dealer PT. Wahana Makmur Sejati. Penelitian ini menggunakan metoda Time Series Analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data volume penjualan sepeda motor Honda Beat series di Dealer PT. Wahana Makmur Sejati dari awal beroperasi sampai dengan sekarang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan sampelnya adalah data volume penjualan dari Januari 2015 sampai dengan Desember 2017. Metoda peramalan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda data lewat, metoda rata-rata kumulatif, metoda rata-rata bergerak sederhana, metoda rata-rata bergerak berbobot, metoda rata-rata bergerak ganda, metoda penghalus eksponensial tunggal, metoda pengalus eksponensial ganda, metoda tren linier kuadrat terkecil, metoda tren parabolik atau kuadratik, metoda setengah rata-rata dan metoda dua parameter. Pengukuran akurasi peramalan yang digunakan adalah metoda rata-rata simpangan mutlak (MAD), metoda rata-rata kuadrat kesalahan (MSE) dan metoda rata-rata persentase kesalahan absolut (MAPE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari metoda yang dianalisis, maka metoda terbaik yang digunakan untuk meramalkan volume penjualan sepeda motor Honda Beat series adalah metoda penghalus eksponensial ganda, yang memiliki nilai kesalahan terkecil dengan MAD 6.38, MSE 65.88 dan MAPE 8.84%. Kata kunci : Metoda Peramalan, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorWindu Suryono, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:20
Last Modified: 02 Dec 2021 06:20
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6050

Actions (login required)

View Item View Item