ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN PADA LOKET PENDAFTARAN DI PUSKESMAS PADURENAN KECAMATAN MUSTIKAJAYA BEKASI

utami, Karunia (2019) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN PADA LOKET PENDAFTARAN DI PUSKESMAS PADURENAN KECAMATAN MUSTIKAJAYA BEKASI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (699kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (47kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (298kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sistem antrian yang ada pada loket pendaftran pasien rawat jalan di Puskesmas Padurenan, Kecamatan Mustikajaya Bekasi. Penelitian ini menggunakan strategi deskriptif. Metoda yang digunakan adalah metoda survai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang untuk berobat rawat jalan dan mendaftarkan diloket pendaftaran. Jenis model sistem antrian pada Puskesmas Padurenan Mustikajaya Bekasi adalah multi channel single phase. Berdasarkan hasil penelitian di Puskesmas Padurenan Mustikajaya Bekasi diperoleh Probabilitas tidak ada pasien yang dilayani oleh loket (P0 ) sebesar 0,5099, waktu rata-rata yang dihabiskan oleh seorang pasien menunggu dalam sistem (Ws) sebesar 2,2492 Menit, waktu rata-rata yang dihabiskan oleh seorang pasien menunggu dalam antrian (Wq) sebesar 0,7532 menit. Waktu rara-rata yang dihabiskan oleh seorang nasabah untuk menunggu dalam antrian adalah kurang dari satu menit, hal ini berarti kinerja antrian yang ada di Puskesmas Padurenan, Kecamatan Mustikajaya Bekasi sudah optimal. Kata kunci :Sistem antrian, Puskesmas, Pelayanan ABSTRACT The purpose of this study was to analyze The performance of the queue system at the outpatient registration counter at Puskesmas Padurenan Mustikajaya Bekasi, This study uses descriptive strategies. The method used is survey method. The population in this study were all patients who came for ouypatient treatment and registered at the registration wall. The type of queue system model at Padurenan Puskesmas Mustikajaya Bekasi is a multi channel single phase. Based on the results of the research at Padurenan Mustikajaya Bekasi, the probability of no patients being served by the counter (P0) is 0.5099, the average time spent by a patient waiting in the system (Ws) is 2.2492 minutes, mean time the average is spent by a patiens waiting the queue(Wq) off 0,7532 minutes. The average time spent by a customer to wait in the queue is less than one minute, this means that the performance of the queue at Puskemas Padurenan, Mustikajaya District Bekasi is optimal. Keywords: Queue system, Puskesmas, Services

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorMaliki, FarmansjahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen > Manajemen Operasional
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 13 Dec 2021 05:21
Last Modified: 13 Dec 2021 05:21
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item