FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pasien Laboratorium di Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta Barat)

Febiana, Melina (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pasien Laboratorium di Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta Barat). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (58kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (183kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (250kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan jasa kesehatan, profesionalisme dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien laboratorium di Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Strategi dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi survei dan metode kuantitatif. Populasi umum dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Puskesmas Kecamatan Palmerah, populasi sasaran adalah pasien Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta Barat yang melakukan pengecekan laboratorium sebanyak 22.233 pasien selama tiga belas bulan (Januari 2017 – Januari 2018), dimana rata-rata perbulannya pasien yang melakukan pengecekan kurang lebih 1.710 orang selama satu bulan. Sampel yang akan digunakan adalah sebanyak 100 orang pasien dengan menggunakan rumus Moe. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kualitas pelayanan jasa kesehatan, profesionalisme dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien laboratorium ; terdapat pengaruh langsung yang signifikan anatra kualitas pelayanan jasa kesehatan, profesionalisme dan fasilitas kesehatan terhadap loyalitas pasien laboratorium ; tidak terdapat pengaruh mediasi antara kualitas pelayanan jasa kesehatan terhadap loyalitas pasien laboratorium melalui kepuasan pasien laboratorium ; terdapat pengaruh mediasi antara profesionalisme terhadap loyalitas pasien laboratorium melalui kepuasan pasien laboratorium serta terdapat pengaruh mediasi antara fasilitas kesehatan terhadap loyalitas pasien laboratorium melalui kepuasan pasien laboratorium di Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Kata kunci : Kualitas Layanan Jasa Kesehatan, Profesionalisme, Fasilitas Kesehatan, Kepuasan, Loyalitas Pasien ABSTRACT This study aims to determine the effect of the quality of health services, professionalism and health facilities on the satisfaction and loyalty of laboratory patients in Puskesmas Kecamatan Palmerah West Jakarta. The strategies and methods used in this study are survey strategies and quantitative methods. The general population in this study were all patients of Palmerah Subdistrict Health Center, the target population were patients of Palmerah Subdistrict Health Center West Jakarta who conducted laboratory checks as many as 22,233 patients for thirteen months (January 2017 - January 2018), where the average monthly patients were less checking more 1,710 people for one month. The sample that will be used is 100 patients using the Moe formula. Based on the results and discussion shows that there is a significant direct influence between the quality of health services, professionalism and health facilities on laboratory patient satisfaction; there is a significant direct influence on the quality of health services, professionalism and health facilities for laboratory patient loyalty; there is no mediating effect between the quality of health services on laboratory patient loyalty through laboratory patient satisfaction; There is a mediating effect between professionalism on laboratory patient loyalty through laboratory patient satisfaction and there is a mediating effect between health facilities on laboratory patient loyalty through laboratory patient satisfaction at the Puskesmas Kecamatan Palmerah West Jakarta Keywords: Quality of Health Services, Professionalism, Health Facilities, Satisfaction, Patient Loyalty

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorMegayani, MegayaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 11 Jan 2022 09:08
Last Modified: 11 Jan 2022 09:08
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6789

Actions (login required)

View Item View Item