ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING

ARFIANA, HERA (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (311kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (286kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (472kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB)
[img] Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan yang masuk Daftar Efek Syariah sepatutnya melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai dengan indeks Islamic Social Reporting. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, tipe industri, kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan yang masuk Daftar Efek Syariah dan mengikuti PROPER pada tahun 2013-2016. Penelitian ini menggunakan strategi asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang diukur menggunakan metode analisis regresi linier data panel dengan program software Eviews versi 9. Metode pengumpulan sampel dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 perusahaan sehingga total observasi dalam penelitian ini sebanyak 80 observasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website Otoritas Jasa Keuangan, website Bursa Efek Indonesia, website Kementrian Lingkungan Hidup dan website masing-masing perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel (1) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR karena keuntungan yang tinggi menarik minat investor meskipun tanpa pengungkapan ISR, (2)ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan ISR karena perusahaan besar memiliki aktivitas yang banyak serta kemampuan memberikan informasi yang lebih detail sehingga item-item pengungkapan lebih banyak, (3) tipe industri tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR karena adanya regulasi yang mengikat perusahaan untuk melakukan laporan tanggung jawab sosial tanpa memandang tipe industri, (4) kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR karena perusahaan menganggap hal tersebut tidak akan merubah posisi ataupun kompenasi yang akan diterimanya, (5)kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR karena investor institusional belum mampu mendorong perusahaan untuk melakukan aktivitas sosial dan lingkungan serta adanya kecenderungan investor institusional memilih keuntungan jangka pendek sebagai pertimbangan melakukan investasi Kata Kunci: Islamic Social Reporting(ISR), Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Institusional, PROPER// ABSTRACT The company that listed in Daftar Efek Syariah duly do the corporate social reaponsibility disclosure based on Islamic social reporting index.The purpose of this research is to find out the influence of profitability, company size, industrial type, environmental performance and institutional ownership to Islamic Social Reporting disclosure of companies listed in Daftar Efek Syariah and joined PROPER in 2013- 2016. The research used assosiatif strategic with quantitative approach which was measured by using analytic linear regression method of panel data with Eviews 9 software. The sample collection method was purposive sampling , and total sample was 20 companies with total observationsof the reasearch was 80 observations. Data used in this research was secondary data obtained from Otoritas Jasa Keuangan website, Indonesia Stock Exhange website, Ministry of Environment website and official company websites. This research test showed that variabel (1)profitability has no influence the ISR disclosure because high profit could attract investor interest even without enough disclosure, (2)company size has influence the ISR disclosure because big company had a lot of activities and had ability to provide more detailed information that caused more items of social disclosure, (3)industrial type has no influence the ISR disclosure because of the regulation that binded the companies to do social responsibility without seeing the typeof industry, (4)environmental performanve has no influence the ISR disclosure because the company assumed that it could not change their position or compensation, (5)institutional ownership has no influence the ISR disclosure because the institutional investor could not push the company to do social activity and environment and there was tendency of institutional investor to choose short term profit as an investment considerations. Key Word : Islamic Social Reporting (ISR), Profitability, Company Size, Industrial Type, Institutional Ownership, PROPER

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSunarsih, UunNIDN1114000403uun_sunarsih@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Syariah
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Mr Miptahudin Almurtado
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:03
Last Modified: 08 Dec 2022 02:03
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item