PERANAN PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA KANTOR DINAS PELAYANAN PAJAK DKI JAKARTA

Risdiana, Rini (2014) PERANAN PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA KANTOR DINAS PELAYANAN PAJAK DKI JAKARTA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (229kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (211kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (278kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB)
[img] Text (REFERENSI)
REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (357kB)

Abstract

Pajak reklame adalah salah satu dari bagian Pajak Daerah dan mempunyai peranan penting terhadap Pendapatan Asli Daerah. Pajak Reklame menganut Official Assessment System karena pemerintah (fiskus) yang menentukan besarnya pajak terutang oleh wajib pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis penerimaan pajak reklame, laju pertumbuhan penerimaan pajak reklame, peran pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Pajak Daerah tahun 2009 - 2012, dan kendala-kendala dalam pemungutan pajak reklame serta upaya yang dilakukan oleh Kantor Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa penerimaan reklame jenis papan/billboard/megatron yang paling banyak penerimaannya di karenakan nilai sewa reklame jenis papan/billboard/megatron paling besar harganya dibandingkan dengan reklame jenis kain, berjalan, udara film/slide dan suara. Laju pertumbuhan penerimaan pajak reklame di Provinsi DKI Jakarta 4 (empat) tahun terakhir ini yaitu tahun 2009 hingga 2012 adalah sebesar 87,903%. Peranan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2009 – 2012 rata-rata sebesar 2,040%, dan peran pajak reklame terhadap pajak daerah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2009 - 2012 rata-rata sebesar 2,513%. Dan Upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh Kantor Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta dalam meningkatkan penerimaan pajak reklame adalah meningkatkan pengawasan pemeriksaan dan penertiban terhadap penyelenggara reklame, dan melakukan pendataan ulang terhadap wajib pajak lama dan wajib pajak baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorAndyarini, Kus TriNIDN0308067201kus_tri_andyarini@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Perpajakan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: atik
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:40
Last Modified: 01 Mar 2023 06:40
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item