Albi, Muhamad (2023) ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN DAN KEDATANGAN KONSUMEN PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (Studi Kasus Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum 34.13901 Cipinang. Jakarta Timur). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Other Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Other Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (622kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Other Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Other Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Other Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (950kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Other Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf - Other Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (535kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Other Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengoptimalisasian kinerja fasilitas pelayanan dan kedatangan konsumen dalam sistem antrian untuk pengisian bahan bakar kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum 34.13901 Cipinang. Jakarta Timur. Model antrian yang digunakan pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum 34.13901 Cipinang. Jakarta Timur adalah Model Antrian Multi Channel Singel Phase (M/M/S) yang dimana pada model ini menjelaskan bahwa pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum tersebut memiliki 2 atau lebih jalur fasilitas pelayanan yang disediakan untuk melayani konsumen yang membutuhkan pelayanan tersebut serta untuk sistem pelayanannya hanya menggunakan satu bagian untuk menyelesaikan proses transaksi. Metode yang digunakan ialah metode observasi atau pengamatan yang dilakukan peneliti selama 5 hari dengan interval waktu 60 menit. Pada penelitian ini model antrian Multi Channel Singel Phase (M/M/S) didapatkan dan diolah menggunakan hasil perhitungan secara manual dan hasil perhitungan menggunakan alat aplikasi analisis Software POM-QM For Windows 5.2 yang dimana pada hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dengan menggunakan analisis teori antrian dengan 2 fasilitas pelayanan hasil perhitungan Model Antrian (M/M/S) dengan menggunakan dua fasilitas pelayanan yang dimana dijelaskan bahwa tidak seimbangnya antara tingginya maksimum tingkat rata-rata kedatangan konsumen sebesar 11 konsumen dengan kinerja sistem pelayanan pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum 34.13901 Jl. Bekasi Timur Raya, Cipinang. Jakarta Timur sebesar 3 menit sehingga hal tersebut akan menimbulkan antrian yang cukup panjang, dan tingkat kesibukan operator yang lebih tinggi sehingga hal tersebut juga akan menyebabkan berkurangnya jam istirahat yang diterima oleh operator tersebut. Namun jika terjadi adanya penambahan dari satu fasilitas pelayanan dapat menunjukan adanya suatu perubahan yang signifikan yang dimana dapat dijelaskan bahwa terdapat keseimbangan antara maksimum rata rata kedatangan konsumen sebesar 3 konsumen dengan kinerja sistem pelayanan sebesar 0,84 menit sehingga hal tersebut tidak akan menyebabkan antrian yang cukup panjang dan tingkat kesibukan operator juga jauh lebih rendah sehingga oleh karena itu pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum 34.13901 Cipinang. Jakarta Timur dengan menggunakan 3 fasilitas pelayanan dapat dikatakan sudah optimal This study aims to analyze the optimization of the performance of service facilities and the arrival of consumers in the queuing system for refueling vehicles at the Public Fuel Filling Station 34.13901 Cipinang. East Jakarta. The queuing model used at the Public Fuel Filling Station 34.13901. East Jakarta is a Single Phase Multi Channel (M/M/S) Queuing Model which in this model explains that the Public Fuel Filling Station has 2 or more lines of service facilities provided to serve consumers who need these services and for the service system using only one part to complete the transaction process. The method used is the method of observation or observations made by researchers for 5 days with an interval of 60 minutes. In this study the Multi Channel Single Phase (M/M/S) queuing model was obtained and processed using the results of manual calculations and the results of calculations using the POM-QM For Windows 5.2 Software analysis application tool where the results of this study explain that by using theoretical analysis queue with 2 service facilities. the calculation results of the Queuing Model (M/M/S) using two service facilities where it is explained that there is an imbalance between the maximum height of the average arrival rate of 11 consumers and the performance of the service system at the Public Fuel Filling Station 34.13901 Jl. Bekasi Timur Raya, Cipinang. East Jakarta is 3 minutes so this will cause quite long queues, and a higher level of operator activity so that this will also lead to reduced rest hours received by these operators. However, if there is an addition of one service facility it can indicate a significant change in which it can be explained that there is a balance between the maximum average arrival of consumers of 3 consumers and the performance of the service system of 0.84 minutes so that this will not cause sufficient queues length and the level of operator activity is also much lower so that therefore at the Public Fuel Filling Station 34.13901 Cipinang. East Jakarta
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pelayanan, Kedatangan, Antrian, Multi Channel Singel Phase | ||||||||
Subjects: | Manajemen > Manajemen Operasional | ||||||||
Divisions: | S1 Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Muhamad Albi | ||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:19 | ||||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:19 | ||||||||
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/9923 |
Actions (login required)
View Item |