PENERAPAN METODE WAITING LINE PADA LOKET PENGAMBILAN DANA PENSIUN PT. POS INDONESIA PERSERO CABANG MALAKA JAKARTA TIMUR

Listianingdiah, Annisa Ayu (2015) PENERAPAN METODE WAITING LINE PADA LOKET PENGAMBILAN DANA PENSIUN PT. POS INDONESIA PERSERO CABANG MALAKA JAKARTA TIMUR. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (300kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (137kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB)
[img] Text (REFERENSI)
REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (203kB)

Abstract

Permasalahan antrian sering terjadi pada kehidupan sehari-hari contohnya pada pembelian tiket, servis mobil dan pengiriman barang. Permasalahan ini tentu akan membuat pelanggan menjadi bosan karena panjangnya antrian yang belum bisa dipecahkan oleh perusahaan dan lama – kelamaan mereka bisa mencari penyedia jasa yang lain yang menawarkan pelayanan lebih baik. Tentu hal ini bisa merugikan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan antrian yang terjadi di lapangan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga diharapkan nantinya perusahaan jasa dapat memberikan pelayanan yang lebih baik tanpa menambah biaya fasilitas. Hal ini akan membuat pelanggan puas menggunakan jasa perusahaan dan mereka bisa menjadi loyal karena pelayanan yang cepat. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis sistem antrian yang ada kemudian setelah didapatkan hasil akan dilakukan percobaan dengan mengubah sistem antrian yang sebelumnya menjadi sistem yang lebih baik sehingga dapat mengurangi waktu tunggu antrian untuk pelanggan dan meningkatkan pelayanan perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem antrian sebelumnya adalah single channel single phase. Untuk itu dilakukan pengubahan sistem multi channel single phase dengan penambahan loket menjdi 2 hingga 3 loket, sehingga ditemukan penggunaan loket yang paling optimal yaitu tetap dengan menggunakan 1 loket. Sistem ini menggunakan waktu tunggu antrian yang sebesar 28 menit 13 detik dengan tingkat utilitas sebesar 93,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorHariyanto, YusufNIDN0325036001jusuf.harry@gmail.com
Subjects: Manajemen > Manajemen Keuangan
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Mr Miptahudin Almurtado
Date Deposited: 29 Sep 2023 05:40
Last Modified: 29 Sep 2023 05:40
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/11057

Actions (login required)

View Item View Item