PENGELOLAAN LINGKUNGAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 45 JAKARTA

Ikbal, Moh. and Moeins, Anoesyirwan and Meita Pragiwani, Meita Pragiwani (2020) PENGELOLAAN LINGKUNGAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 45 JAKARTA. PENGELOLAAN LINGKUNGAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 45 JAKARTA. (Unpublished)

[img] Text (Naskah Publikasi Bahasa Indonesia)
Publikasi Nasional Indonesia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (382kB)
[img] Text (Article in English)
Publikasi Nasional Inggris.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan lingkungan dalam menciptakan Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 45 Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.Objek dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 45 Jakarta yang beralamat di Jln. Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading – Jakarta Utara. Sedangkan subjek atau responden (informan) yang dipilih dalam penelitian ini adalah guru serta orang tua dan peserta didik SMA Negeri 45 yang mempunyai kaitan langsung dengan topik, karena penelitian ini berupa studi kasus, jadi pihak yang terkait dijadikan sebagai responden. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah hasil kegiatan observasi secara mendalam untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang keadaan sebenarnya yang terjadi di SMA Negeri 45 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan untuk menciptakan Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 45 Jakarta telah sesuai dengan komponen-komponen sekolah ramah anak dengan baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata item pernyataan pada indikator sekolah ramah anak yang menunjukkan jawaban responden cenderung dengan jawaban setuju dan sangat setuju sehingga memiliki interpretasi sangat baik. This study aims to determine environmental management in creating Child Friendly Schools in SMA 45 Jakarta. This research method is quantitative descriptive method. The object of this research is SMA 45 Jakarta, which is located at Jln. Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading - North Jakarta. While the subjects or respondents (informants) selected in this study were teachers and parents and students of SMA Negeri 45 who had direct links to the topic, because this research was in the form of case studies, so the related parties were used as respondents. While the data source in this study is the result of in-depth observation activities to get a real picture of the actual situation that occurred at SMA Negeri 45 Jakarta. The results of this study indicate that environmental management to create a Child Friendly School in SMA 45 Jakarta has been in accordance with the components of a child friendly school well, this can be seen from the average value of the statement items on the child friendly school indicators that indicate respondents' answers tend with answers agree and strongly agree so that it has a very good interpretation.

Item Type: Article
Subjects: Manajemen > Manajemen SDM
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Users 937 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2020 05:33
Last Modified: 28 Oct 2020 05:33
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item View Item