ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MEMINIMALKAN WAKTU TUNGGU RANGKAIAN KERETA API PADA STASIUN JATINEGARA

FIRLI, OKTAPIANA (2021) ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MEMINIMALKAN WAKTU TUNGGU RANGKAIAN KERETA API PADA STASIUN JATINEGARA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (731kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (498kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (469kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model antrian yang diterapkan, bagaimana sistem antrian yang diterapkan dan bagaimana pengoptimalan pelayanan jalur kereta dalam antrian rangkaian KA PT Kereta Commuter Indonesia di Stasiun Jatinegara. Sampel dalam penelitian ini adalah jalur 3, 5 dan 6 karena jalur tersebut sangat padat untuk rangkaian KA yang datang mengantri atau masuk dalam sistem antrian di Stasiun Jatinegara. Berdasarkan analisis dan pembahasan peneliti, Model antrian yang diterapkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia khususnya di Stasiun Jatinegara adalah model M/M/S yang berarti tersedia beberapa server dalam hal ini adalah jalur untuk kedatangan rangkaian kereta menggunakan disiplin antrian First Come First Served (FCFS). Hasil perhitungan, kinerja antrian belum optimal dikarenakan menggunakan tiga jalur jumlah rangkaian kereta rata-rata dalam sistem adalah 5 rangkaian kereta per jam. Kondisi ini menggambarkan cukup banyak rangkaian kereta yang datang dan mengantri untuk mendapatkan pelayanan di Stasiun Jatinegara..Karena tingkat kedatangan (λ) rendah pada saat dilakukan pengamatan, dimana waktu rangkaian kereta menunggu dalam antrian sangat jelas dapat dikatakan menggunakan 6 jalur jauh lebih baik dan rangkaian kereta tidak perlu menunggu lama untuk dapat dilayani di Stasiun Jatinegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorFarmansjah, Maliki0303126803farmansjah@stei.ac.id
Uncontrolled Keywords: Antrian, Waktu Tunggu
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Mr FIRLI OKTAPIANA
Date Deposited: 30 Jun 2021 07:33
Last Modified: 30 Jun 2021 07:33
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item