PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA STUDI DI PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS INDUSTRY TAHUN 2016-2020

Putrianti, Theresia Febriyana (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA STUDI DI PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS INDUSTRY TAHUN 2016-2020. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (110kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen laba merupakan suatu tindakan atau upaya manajer untuk menurunkan, meratakan, dan menaikkan laporan laba perusahaan sesuai dengan yang dikehendaki oleh manajemen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara profitabiltias, ukuran perusahaan dan leverage terahdap manajemen laba pada perusahaan consumer goods industry tahun 2016-2020. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar pada sektor consumer goods industry di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 190 perusahaan yang berasal dari 38 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel untuk melakukan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor consumer goods industry. Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor consumer goods industry. Leverage berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor consumer goods industry.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorKAMIL, KRISHNANIDN0304015801krishna_kamil@stei.ac.id
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen Laba
Subjects: Akuntansi > Auditing
Akuntansi > Corporate Governance
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Theresia Febriyana Putrianti
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:45
Last Modified: 03 Jan 2022 06:45
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6550

Actions (login required)

View Item View Item