ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA UMKM WAROENG JJ - KANTIN VINILON BUILDING)

Tampubolon, Monika O. (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA UMKM WAROENG JJ - KANTIN VINILON BUILDING). Tesis thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRACK)
cover MONICA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)
[img] Text (COVER)
Cover.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (170kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (30kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (247kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (37kB)
[img] Text (REFERENSI)
Referensi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa kendala, strategi pemasaran dan solusi yang dilakukan UMKM waroeng JJ di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Metode kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami sebuah fenomena yang dialami oleh partisipan dengan cara melakukan wawancara terbuka lalu diteliti secara rinci dan dibentuk dengan kata-kata dan menyajikan hasil yang telah diteliti dari segi konsep, perilaku, persepsi dan persoalan tentang manusia yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada informan kunci, yaitu pemilik dan karyawan waroeng JJ dan juga pada informan pendukung, yaitu lapak pesaing dan pelanggan waroeng JJ. Analisis data di lapangan menggunakan model miles dan huberman, yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, pengajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa kehadiran pandemi Covid-19 membuat waroeng JJ berada dalam tiga fase, yaitu 1) Fase normal yaitu fase sebelum pandemi. Waroeng JJ menjalani usaha dengan normal, pelanggan offline rame dan pendapatan penjualan normal seperti biasanya. 2) Fase terjatuh yaitu fase awal pandemi. Waroeng JJ mengalami kendala, yaitu penurunan pendapatan yang drastis. Hal ini terjadi karena pelanggan offline mengikuti anjuran pemerintah untuk work from home. Salah satu cara untuk tetap menjalankan usaha dan menjangkau lebih banyak konsumen dan memperluas pangsa pasar yang dapat dilakukan oleh UMKM adalah memperluas jaringan dengan memanfaatkan penjualan e-commerce. 3) Fase survive dan berkembang yaitu fase ditengah terjadinya pandemi. Saat ini waroeng JJ sudah menemukan strategi untuk bertahan. Bukan hanya sekedar bertahan dan kembali keposisi normal, namun waroeng JJ menjadi berkembang dan mengalami peningkatan pendapatan. Solusi yang dilakukan waroeng JJ ketika “pelanggan mengikuti anjuran untuk bekerja dari rumah” adalah bergabung dengan platform jual online, seperti: Gofood, Grabfood dan Shopeefood. Selain itu waroeng JJ juga meng-upgrade metode pembayarannya dari tunai menjadi beberapa platform e-money seperti dana, ovo dan gopay, sesuai dengan keadaan pandemi saat ini yang menganjurkan agar mengurangi transaksi secara tunai.

Item Type: Thesis (Tesis)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSY, SUPRIYATIN8815080018pri.supriyatin@gmail.com
Thesis advisorRAGIWANI, MEITA0426056901meita_pragiwani@stei.ac.id
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Mrs MONIKA O. TAMPUBOLON
Date Deposited: 08 Jan 2022 02:56
Last Modified: 08 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6729

Actions (login required)

View Item View Item