PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM SEKTOR MANUFAKTUR KONVEKSI (Studi Kasus pada PIK, Jakarta Timur)

Septiani, Nur (2019) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM SEKTOR MANUFAKTUR KONVEKSI (Studi Kasus pada PIK, Jakarta Timur). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (713kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (96kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (210kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (178kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (179kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM sektor manufaktur konveksi di Perkampungan Industri Kecil (PIK), Jakarta Timur. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi asosiatif. Populasi penelitian ini adalah para pemilik UKM di PIK, Jakarta Timur yang jumlahnya 53 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgmental sampling. Judgmental sampling merupakan bentuk convenience sampling yang di dalamnya elemen populasi secara sengaja dipilih berdasarkan penilaian peneliti. Metoda yang digunakan adalah metoda survey.. Analisis yang digunakan adalah analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh parsial orientasi pasar terhadap kinerja UKM sebesar 17,06%, pengaruh parsial orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM sebesar 19,54%, pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara bersamaan terhadap kinerja UKM sebesar 35,80%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM sektor manufaktur konveksi di daerah PIK, Jakarta Timur. Secara parsial variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM sektor manufaktur konveksi di daerah PIK, Jakarta Timur. Secara Simultan, variabel orientasi pasar dan orientasi kewirausaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM sektor manufaktur konveksi di daerah PIK, Jakarta Timur. Kata Kunci : Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Kinerja UKM ABSTRACT This study aims to determine the magnitude of market orientation and entrepreneurial orientation on SMEs performance in PIK, East Jakarta. The strategy used in this study is associative strategy. The population of this research is the SME owner in PIK, East Jakarta whose numbers are 53 people. The number of samples used in this study were 39 respondents. The sampling technique used in this study is judgmental sampling, judgmental sampling is a convenience sampling from in which population elements are deliberately chosen based on the judgment of the researcher. The method used is the survey method. The analysis used is coefficient of determination and hypothesis testing. The results of this study indicate the partial effect of market orientation on SME performance is 17.06%, the partial effect of entrepreneurial orientation on SME performance of 19.54%, the effect market orientation and entrepneurial orientation simultaneously on SME performance is 35,80%. The result of hypothesis testing show that partially that market orientation variable have a positive and significant effect on the performance of the convection manufacturing SME sector in the PIK, east Jakarta. Partially entrepreneurial orientation variable have a positive and significant effect on the performance of the convection manufacturing SME sector in the PIK, east Jakarta. Simultaneously, the market orientation and entrepreneurial orientation variables have a positive and significant effect on the performance of the convection manufacturing SME sector in the PIK, east Jakarta. Keyword : Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, and SMEs

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSuryono, Dwi WinduUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:07
Last Modified: 11 Jan 2022 03:07
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6777

Actions (login required)

View Item View Item