Analisis Efektivitas Pengelolaan dan Sistem Pengendalian Piutang ( Pada PT. Putraduta Buanasentosa periode 2012- 2016)

Damayanti, Umi (2018) Analisis Efektivitas Pengelolaan dan Sistem Pengendalian Piutang ( Pada PT. Putraduta Buanasentosa periode 2012- 2016). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (782kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (58kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (174kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (229kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas atas Prosedur pengelolaan dan sistem pengendalian piutang untuk menghindari piutang tidak tertagih serta memberikan saran dari temuan kelemahan yang terdapat pada PT. Putraduta Buanasentosa. Aktivitas Prosedur pengelolaan dan sistem pengendalian piutang yang diteliti meliputi : tahap pembuatan sampai dengan pengiriman invoice, tahap pengiriman Surat Konfirmasi, tahap penagihan piutang, tahap pencatatan pelunasan piutang, tahap pembuatan laporan hasil penagihan piutang sampai dengan tahap pemberian Surat Peringatan jika ada piutang yang berumur diatas 60 Hari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif , yaitu menjelaskan data-data yang diperoleh dengan menggunakan perhitungan rasio aktifitas yang berhubungan dengan piutang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengelolaan dan pengendalian piutang belum berjalan secara efektif dengan melihat persentase rasio tunggakan dan rasio penagihan, terutama pada kondisi tahun 2015 yang mencapai 14.16% pada rasio tunggakan dan 85.84% pada rasio penagihan. Jika Prosedur Penagihan Piutang yang telah ditetapkan Manajemen dapat dijalankan dengan baik maka diharapkan dapat menekan jumlah hari rata-rata penagihan hingga sekecil mungkin, maka presentase penagihan piutang akan terus meningkat sesuai dengan penurunan presentase rasio tunggakan piutang. Berdasarkan temuan pada saat penelitian kelemahan terdapat pada kurangnya pengawasan dan kontrol terhadap hasil penagihan piutang secara rutin untuk dapat mereview kebutuhan tenaga kerja ataupun mencari solusi jika mengalami kendala dalam proses penagihan ke Pelanggan maka diberikan suatu rekomendasi yang dapat digunakan sebagai masukan bagi Pimpinan Perusahaan untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas pada prosedur pengelolaan dan pengendalian piutang yaitu : menyarankan untuk menetapkan target penagihan piutang yang dituangkan dalam Key Performance Indikator ( KPI ) perusahaan agar manajemen juga senantiasa ikut memantau hasil pengendalian dan pengelolaan piutang, dan perlu adanya review rutin mingguan terhadap hasil penagihan piutang di departemen keuangan & akuntansi untuk mengetahui progress pencapaian dan permasalahan�permasalahan yang dihadapi saat melakukan penagihan agar dapat segera ditemukan solusinya untuk mencegah pembayaran piutang tertunda. Kata kunci : Prosedur Pengelolaan dan Pengendalian Piutang, Efektivitas This research aims to assess the effectiveness of the Management Procedures and control system of receivables to avoid bad debts as well as provide advice from the findings of weaknesses contained in PT. Putraduta Buanasentosa. Activity The management procedures and the receivables control system under study include: the preparation stage up to the invoice delivery, the delivery phase of the Confirmation Letter, the collection stage of the receivable, the recording of the settlement of the receivable, the reporting stage of the collection of receivables up to the stage of the Warning Letter if any receivables are above 60 Days. This research is a qualitative descriptive study. Data collection methods used in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis method used is descriptive analysis method, that is explaining the data obtained by using the calculation of activity ratio associated with receivables. The results of this research indicate that the procedure of receivable management and control has not been run effectively by looking at the percentage of arrears and billing ratio, especially in the condition of 2015 which reached 14.16% in the arrears ratio and 85.84% in the billing ratio. If the Accounts Receivable Billing Procedures set by Management can be well executed then it is expected to reduce the number of days to the minimum billing rate, the percentage of collection of receivables will continue to increase in accordance with the decrease in the percentage of delinquent ratio of receivables. Based on the findings at the time of the research, the weakness is found in the lack of supervision and control of the receivable collection result on a regular basis to be able to review the needs of the workforce or find a solution if experiencing difficulties in the billing process to the Customer then given a recommendation that can be used as input for the Company Leaders to improve and improve the effectiveness of the receivables management and control procedures, which are: suggest to set the target of collection of receivables as set forth in the Key Performance Indicator (KPI) for the management to monitor the results of the control and management of accounts receivable, and the need for regular weekly review of the collection results of receivables in the department finance & accounting to know the progress of the achievements and problems encountered when making billing in order to immediately found a solution to prevent payment of pending receivables. Keyword : Receivables Management and Control Procedures, Effectiveness

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorWindratno, WindratnoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:25
Last Modified: 02 Feb 2022 04:25
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6930

Actions (login required)

View Item View Item