PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, JUMLAH PENDAPATAN, KEMUDAHAN DALAM PEMBAYARAN DAN PELAPORAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN DAN PELAPORAN PAJAK PEMILIK ONLINE SHOP DI MEDIA SOSIAL BANDUNG TAHUN 2017

Melani, Puput (2018) PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, JUMLAH PENDAPATAN, KEMUDAHAN DALAM PEMBAYARAN DAN PELAPORAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN DAN PELAPORAN PAJAK PEMILIK ONLINE SHOP DI MEDIA SOSIAL BANDUNG TAHUN 2017. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER_compressed (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (638kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (432kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (510kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (454kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (418kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (169kB)

Abstract

Pemasukan atau penerimaan pajak merupakan indikator paling nyata dan merupakan sumber pendapatan terbesar di negara kita. Saat ini, media sosial dijadikan tempat berjualan online shop. Banyak orang sering salah menganggap penghasilan yang didapat dari hasil berjualan online shop pada media sosial Instagram tidak dikenakan pajak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman peraturan perpajakan, jumlah pendapatan, kemudahan dalam melakukan pembayaran dan pelaporan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan pembayaran dan pelaporan pajak pada pemilik online shop di media sosial Instagram tahun 2017? Populasi penelitian ini yaitu para pemilik online shop di media sosial Instagram berwilayah di Bandung. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 80 responden berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada pemilik online shop di media sosial Instagram. Data yang digunakan berupa data primer yang diambil dengan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis regresi berganda menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan uji hipotesis secara simultan (uji F) dengan level significance 5%. Hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai Ftabel didapat dari df1 = 3 dan df2 = 76 dengan alpha = 0,05 artinya kita mengambil risiko salah dalam mengambil keputusan untuk menolak hipotesis yang benar sebanyak-banyaknya 5%. Tabel menunjukkan bahwa diperoleh nilai Fhitung sebesar 86,797 dikarenakan besarnya probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dalam penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh dari pemahaman peraturan perpajakan, jumlah pendapatan, kemudahan dalam pembayaran dan pelaporan pajak sebagai variabel bebas secara simultan (bersama-sama) terhadap kepatuhan pembayaran dan pelaporan pajak pada pemilik online shop di media sosial Instagram 2017 sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah patuh dalam melakukan pembayaran dan pelaporan pajak. Pemahaman peraturan perpajakan, jumlah pendapatan, kemudahan dalam melakukan pembayaran dan pelaporan pajak memiliki pengaruh yang terhadap kepatuhan pembayaran dan pelaporan pajak. Kata Kunci : Pemahaman Peraturan Perpajakan, Jumlah Pendapatan, Kemudahan Pembayaran dan Pelaporan Pajak, Kepatuhan Pajak, Online Shop Tax revenues or receipts are the most obvious indicators and are the largest source of income in our country. Currently, social media is used as a place to sell online shops. Many people often mistakenly assume the income earned from selling online shop on Instagram social media is not taxed. The problem in this study is whether understanding tax regulations, total revenue, ease of tax payments and tax reporting affect the payment compliance and tax reporting on online shop owners on Instagram social media in 2017? The population of this study is the owners of online shop on Instagram social media area in Bandung. The number of samples obtained was 80 respondents based on questionnaires distributed to online shop owners on Instagram social media. The data used in the form of primary data taken by questionnaire method or questionnaire. Multiple regression analysis technique uses partial hypothesis test (t test) and simultaneous hypothesis test (F test) with a significance level of 5% Simultaneous hypothesis test results (F test) shows that the Ftable value obtained from df1 = 3 and df2 = 76 with alpha = 0.05 means we take the wrong risk in making a decision to reject the correct hypothesis as much as 5%. The table shows that the obtained Fcount value is 86.779 due to the magnitude of the probability of 0.000 <0.05. Thus, in this study states that there is a influence from understanding tax regulations, the amount of income, ease of payment and tax reporting as independent variables simultaneously (together) on payment compliance and tax reporting on online shop owners on Instagram 2017 social media as the dependent variable. The results of this study indicate that the majority of respondents have complied with making tax payments and reporting. Understanding tax regulations, total income, ease of making payments and tax reporting has a influence on tax compliance and tax reporting. Keywords: Understanding Tax Regulations, Total Revenue, Ease of Payment and Tax Reporting, Tax Compliance, Online Shop

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorHendra, LimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi > Perpajakan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 24 May 2022 04:43
Last Modified: 24 May 2022 04:43
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7619

Actions (login required)

View Item View Item