PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PELAKU UMKM DALAM MEMBAYAR DAN MELAPORKAN PAJAK (Studi Kasus pada Wajib Pajak Pelaku UMKM di Jakarta)

Dewi, Nurkholisa (2022) PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PELAKU UMKM DALAM MEMBAYAR DAN MELAPORKAN PAJAK (Studi Kasus pada Wajib Pajak Pelaku UMKM di Jakarta). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (603kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (444kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (635kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (560kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Referensi)
Daftar Referensi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (327kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (788kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku UMKM di Jakarta secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif, yang diukur dengan menggunakan metode berbasis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 24, dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak pelaku UMKM yang terdaftar di wilayah Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada wajib pajak pelaku UMKM. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden wajib pajak pelaku UMKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM. Sedangkan sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM karena belum optimalnya kegiatan sosialisasi perpajakan yang dilakukan oleh petugas pajak, selain itu sosialisasi melalui media cetak masih kurang efektif dikarenakan masyarakat sekarang jarang memperhatikan spanduk dan billboard yang ada di jalan. Sanksi pajak secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM karena pada penelitian ini responden yang mengisi kuesioner sebagian besar merupakan wajib pajak pelaku UMKM yang tidak kena pajak karena sesuai dengan UU HPP bahwa UMKM yang memiliki omzet kurang dari Rp500 juta dibebaskan dari pengenaan pajak. Kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, sanksi sosial secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM dalam membayar dan melaporkan pajak. Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku UMKM ABSTRACT This study aims to examine whether the effect of taxpayer awareness, tax socialization and tax sanctions on MSME taxpayer compliance in Jakarta partially or simultaneously. This research uses a descriptive quantitative approach, which is measured by using multiple linear regression based method with SPSS version 24 program, using multiple linear regression test. The population in this study were all MSME taxpayers registered in the Jakarta area. The data used in this study is primary data. Primary data were obtained from questionnaires distributed to MSME taxpayers. The sample selection of this research used purposive sampling method with certain criteria. The number of samples in this study were 100 respondents who were MSME taxpayers. The results of this study indicate that taxpayer awareness has an effect on MSME taxpayer compliance. While the socialization of taxation does not partially affect the compliance of MSME taxpayers because the tax socialization activities carried out by tax officials are not yet optimal, besides that socialization through print media is still less effective because people now rarely pay attention to banners and billboards on the road. Tax sanctions partially have no effect on MSME taxpayer compliance because in this study the respondents who filled out the questionnaire were mostly MSME taxpayers who were not taxed because in accordance with the HPP Law that MSMEs with a turnover of less than Rp. 500 million were exempt from taxation. Taxpayer awareness, tax socialization, social sanctions simultaneously affect the compliance of MSME taxpayers in paying and reporting taxes. Keywords: MSME Taxpayer Compliance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorAndyarini, Kus TriNIDN0308067201kus_tri_andyarini@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Perpajakan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Ms NURKHOLISA DEWI
Date Deposited: 30 Sep 2022 06:25
Last Modified: 30 Sep 2022 06:25
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/8526

Actions (login required)

View Item View Item