ANALISIS PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA DALAM PERSPEKTIF KEUANGAN, PELANGGAN, PROSES BISNIS INTERNAL, PERTUMBUHAN DAN PEMBELAJARAN PADA LEMBAGA BANTUAN HUKUM MASYARAKAT

Khaerudin, Dede (2018) ANALISIS PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA DALAM PERSPEKTIF KEUANGAN, PELANGGAN, PROSES BISNIS INTERNAL, PERTUMBUHAN DAN PEMBELAJARAN PADA LEMBAGA BANTUAN HUKUM MASYARAKAT. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (761kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (744kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (829kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (763kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (870kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (738kB)
[img] Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (738kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode balanced scorecard sebagai alat ukur untuk menilai kinerja dalam perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran pada Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan melakukan survey lapangan (kuesioner), wawancara, laporan posisi keuangan dan laporan aktivitas tahun 2014, 2015, dan 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat dalam pengukuran kinerja dengan pendekatan metode balanced scorecard secara keseluruhan adalah cukup baik. Pada perspektif keuangan menunjukkan bahwa rasio kinerja keuangan mempunyai nilai rata-rata yang cukup baik. Berdasarkan perspektif pelanggan yang diukur dengan kepuasan pelanggan terdiri dari pelayanan, pengetahuan, kerapihan, ketepatan waktu dan fasilitas kantor dan hasil rata- rata kuesioner menunjukkan bahwa klien merasa puas. Pada perspektif proses bisnis internal terdiri dari proses inovasi, proses operasi dan layanan purna jual menunjukan lembaga mampu untuk melakukan inovasi, menyelesaikan permasalahan klien dan mampu memberikan layanan yang baik. Pada pembelajaran dan pertumbuhan dapat dinilai dengan kepuasan karyawan dan retensi karyawan yang cukup baik. Kata Kunci: Rasio Keuangan, Metode Balanced Scorecard, Perusahaan Nirlaba dan Pengukuran Kinerja. // This research is aimed to determine how the appliacation of the balanced scorecard method as a measuring tool for assesing performance in the perspective financial, customer, internal business processes, growth and learning at the Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat. This research use descriptive method through a quantitative and qualitative approach he data used in this research are primary data and secondary data by conducting field survey (questionnaire), interview, financial position report and activity report of 2014, 2015, and 2016. The results of this research show that Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat in performance measurement with balanced scorecard method approach as a whole is good enough. On the financial perspective shows that the ratio of financial performance has a fairly good average value. Based on the customer perspective as measured by customer satisfaction consisting of service, knowledge, tidiness, timeliness and office facilities and the average result of the questionnaire indicates that the client is satisfied. In the internal business process perspective consisting of innovation process, operation process and after sales service show institution able to innovate, solve client problem and able to give good service. In learning and growth it can be judged by employee satisfaction and good employee retention his study. Keyword: Financial Ratios, Balanced Scorecard Methods, Nonprofit Companies and Performance Measurements.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSyah, Hamdani M.NIDN0019025001hamdani_m.syah@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manajemen
Akuntansi > Sistem Informasi Akuntansi
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Mr Miptahudin Almurtado
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:35
Last Modified: 09 Nov 2022 02:35
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item