Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Pertiwi, Senja (2020) Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (245kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III METODA PENELITIAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (318kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (774kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh mekanisme kinerja keuangan yang diproksikan oleh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metoda analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan EViews 11. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 27 perusahaan. Metoda pengumpulan data menggunakan dokumentasi melalui situs resmi IDX www.idx.co.id. Berdasarkan hasil analisis regresi data panel dengan tingkat signifikansi 5% maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Secara parsial profitabilitas berpengaruh signikan terhadap nilai perusahaan. (2) Secara parsial leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Secara parsial likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) CSR mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. (5) CSR mampu memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. (6) CSR tidak mampu memoderasi pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan. Abstract This study aims to determine the effect of the mechanism of financial performance mechanisms proxied by profitabilitas, leverage and liquidity on firm value with corporate social responsibility as a moderating variable in consumer goods industrial companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This research uses descriptive research with quantitative approach and data analysis method used is panel data regression analysis with EViews 11. The population of this study is all consumer goods industrial companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2018. The sample was determined based on the purposive sampling method, so as many as 27 companies were obtained. The data collection method uses documentation through the official IDX website www.idx.co.id. Based on the results of panel data regression analysis with a significance level of 5%, the results of this study concluded that: (1) Partial profitability has a significant effect on firm value. (2) Partial leverage has no significant effect on firm value. (3) Partial liquidity has no significant effect on firm value. (4) CSR is able to moderate the effect of profitability on firm value. (5) CSR is able to moderate the effect of leverage on firm value. (6) CSR is unable to moderate the effect of liquidity on firm value.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
UNSPECIFIEDChusnah, Flourien NurulUNSPECIFIEDFlo@stei.ac.id
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Nilai Perusahaan dan Corporate Social Responsibility. Profitability, Leverage, Liquidity, Firm Value and Corporate Social Responsibility
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Users 1019 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2020 07:34
Last Modified: 24 Sep 2020 07:34
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item