EVALUASI SISTEM PENGELOLAAN PIUTANG PASIEN JAMINAN ASURANSI DAN PERUSAHAAN PADA RS. SETIA MITRA JAKARTA SELATAN

Kurniasari, Candra (2014) EVALUASI SISTEM PENGELOLAAN PIUTANG PASIEN JAMINAN ASURANSI DAN PERUSAHAAN PADA RS. SETIA MITRA JAKARTA SELATAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (186kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (15kB)
[img] Text (REFERENSI)
REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui elemen-elemen yang membentuk sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra dan untuk mengetahui hasil evaluasi serta kendala-kendala yang timbul dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jadi metode penelitian ini menggambarkan suatu evaluasi terhadap sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra. Alasan dalam pemilihan jenis penelitian ini karena peneliti berusaha untuk menggambarkan fenomenafenomena yang terjadi dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan sebagai alat untuk mengevaluasi sistem tersebut berdasarkan data yang diperoleh melalui serangkaian kegiatan bukan melalui pengujian statistik. Penelitian ini melakukan evaluasi terhadap elemen-elemen yang membentuk sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan yaitu prosedur yang dilakukan, bagian-bagian terkait, dokumen yang digunakan, dan catatan akuntansi yang digunakan serta terhadap kendala-kendala yang timbul dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua prosedur dalam sistem pengelolaan piutang telah dilakukan dengan cukup baik, untuk evaluasi pada bagian-bagian terkait juga telah berjalan dengan cukup baik karena adanya pemisahan tugas dan beban kerja, untuk evaluasi pada dokumen-dokumen yang digunakan telah cukup efektif karena dibuat rangkap dan bernomor urut, sedangkan untuk catatan akuntansi yang digunakan pun telah dilakukan dengan baik karena dilakukan secara manual dan komputerisasi dengan menggunakan program MYOB. Namun masih terdapat beberapa kendala dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorNgabdullah, NgabdullahNIDN0324094801ngabdullah@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: atik
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:27
Last Modified: 06 Mar 2023 07:27
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/9806

Actions (login required)

View Item View Item