Kurniasari, Candra (2014) EVALUASI SISTEM PENGELOLAAN PIUTANG PASIEN JAMINAN ASURANSI DAN PERUSAHAAN PADA RS. SETIA MITRA JAKARTA SELATAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Text (COVER)
COVER.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (186kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (25kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (182kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (15kB) |
|
Text (REFERENSI)
REFERENSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (6kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui elemen-elemen yang membentuk sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra dan untuk mengetahui hasil evaluasi serta kendala-kendala yang timbul dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jadi metode penelitian ini menggambarkan suatu evaluasi terhadap sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra. Alasan dalam pemilihan jenis penelitian ini karena peneliti berusaha untuk menggambarkan fenomenafenomena yang terjadi dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan sebagai alat untuk mengevaluasi sistem tersebut berdasarkan data yang diperoleh melalui serangkaian kegiatan bukan melalui pengujian statistik. Penelitian ini melakukan evaluasi terhadap elemen-elemen yang membentuk sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan yaitu prosedur yang dilakukan, bagian-bagian terkait, dokumen yang digunakan, dan catatan akuntansi yang digunakan serta terhadap kendala-kendala yang timbul dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua prosedur dalam sistem pengelolaan piutang telah dilakukan dengan cukup baik, untuk evaluasi pada bagian-bagian terkait juga telah berjalan dengan cukup baik karena adanya pemisahan tugas dan beban kerja, untuk evaluasi pada dokumen-dokumen yang digunakan telah cukup efektif karena dibuat rangkap dan bernomor urut, sedangkan untuk catatan akuntansi yang digunakan pun telah dilakukan dengan baik karena dilakukan secara manual dan komputerisasi dengan menggunakan program MYOB. Namun masih terdapat beberapa kendala dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Keuangan | ||||||||
Divisions: | S1 Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | atik | ||||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2023 07:27 | ||||||||
Last Modified: | 06 Mar 2023 07:27 | ||||||||
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/9806 |
Actions (login required)
View Item |