HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS DENGAN KEPUASAN PASIEN OPERASI BEDAH SARAF RUMAH SAKIT CIPTO MANGUNKUSUMO JAKARTA PUSAT

Megawati (2015) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS DENGAN KEPUASAN PASIEN OPERASI BEDAH SARAF RUMAH SAKIT CIPTO MANGUNKUSUMO JAKARTA PUSAT. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (218kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (144kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (62kB)
[img] Text (REFERENSI)
REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB)

Abstract

Rumah sakit merupakan sarana kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara merata dengan mengutamakan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu. Rumah sakit berupaya melakukan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit dalam suatu tatanan rujukan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian. Rumah sakit saat ini bersaing dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan fasilitas dengan kepuasan pasien Operasi Bedah Saraf Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta Pusat. Teknik yang digunakan adalah Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dipilih berdasarkan adanya pertimbangan tertentu, pertimbangan dalam pengambilan sampel ini adalah pasien yang melakukan operasi Departemen Bedah Saraf Bagian Pelayanan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta Pusat. Jadi, responden untuk penilaian ini sebanyak 100 orang responden. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa secara parsial terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien, artinya jika kualitas pelayanan dapat diberikan dengan baik, maka kepuasan pasien dapat terpenuhi. Secara parsial terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel fasilitas dengan kepuasan pasien, artinya jika fasilitas dapat diberikan dengan baik, maka kepuasan pasien dapat terpenuhi. Secara simultan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dan fasilitas dengan kepuasan pasien, artinya jika kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama dapat diberikan dengan baik, maka kepuasan pasien dapat terpenuhi. Hubungan antara kualitas pelayanan dan fasilitas dengan kepuasan pasien adalah lemah sebesar 0,345 dengan hubungan yang bersifat positif atau searah, dalam arti jika kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama- sama dapat diberikan dengan baik, maka kepuasan pasien dapat terpenuhi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorPranitasari, DiahNIDN0315086903nitadpranitasari@gmail.com
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Mr Miptahudin Almurtado
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:28
Last Modified: 06 Oct 2023 07:28
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/11119

Actions (login required)

View Item View Item