Prawira, Sendi Arief and Pranitasari, Diah (2020) PENGARUH AKSESIBILITAS, INOVASI DAN KUALITAS PELAYANAN FASILITAS PUBLIK TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DISABILITAS DI KERETA REL LISTRIK JAKARTA. PENGARUH AKSESIBILITAS, INOVASI DAN KUALITAS PELAYANAN FASILITAS PUBLIK TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DISABILITAS DI KERETA REL LISTRIK JAKARTA. (Unpublished)
Text (ARTIKEL INDONESIA)
21160000062_ARTIKEL INDONESIA_2020.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (875kB) |
|
Text (ARTIKEL INGGRIS)
21160000062_ARTIKEL INGGRIS_2020.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (877kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aksesibilitas, inovasi dan kualitas pelayanan fasilitas terhadap kepuasan penumpang disabilitas di kereta rel listrik Jakarta. Penelitian ini menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang disabilitas yang tergabung dalam komunitas disabilitas penumpang KRL di jakarta pusat, dengan jumlah sampel 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 23.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel aksesibilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian variabel inovasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya untuk variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya secara simultan aksesibilitas, inovasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini menerangkan bahwa secara parsial maupun sumultan anatar variabel aksesibilitas, inovasi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan penumpang disabilitas di kereta rel listrik Jakarta The purpose of this research is to know the influence of accessibility, innovation and quality of facility services to the satisfaction of passengers with disabilities in the Jakarta Electric Railways. This Research uses primary data with the dissemination of questionnaires. The population in this study was all the disabled passengers who joined the KRL passenger disability community in central Jakarta, with a sample number of 100 respondents using the purposive sampling technique. The analysis of this research data uses coefficient of determination analyses using SPSS version 23.0. The results of this study proved that accessibility variables partially influence positive and significant to consumer satisfaction. Then the innovation variable partially influential positively and significantly towards consumer satisfaction. Further to the service quality variables are partially positively influential and significant to consumer satisfaction. Furthermore, the simultaneous accessibility, innovation and quality of service influence positive and significant to customer satisfaction. The conclusion of the study explained that both partially and simultaneously the accessibility variables, innovation and quality of service have a positive influence and an effect on the satisfaction of passengers with disabilities in the Jakarta Electric Railway.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Users 905 not found. |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 09:01 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 09:01 |
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1195 |
Actions (login required)
View Item |