PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN PERSEPSI NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Go-Pay)

Firmawati, Dwi (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN PERSEPSI NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Go-Pay). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (863kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (314kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (479kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (7kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas pelayanan, financial technology dan persepsi nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi Go-Pay. Penelitian ini menggunakan data primer dengan penyebaran kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Go-Pay yang tinggal di RW.007 Kel. Utan Kayu Utara Jakarta Timur, dengan jumlah sampel 100 respoden menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur. Metode pengolahan data menggunakan metode PLS (Parsial Least Square) dengan bantuan program SmartPLS versi 3.0 dan di evaluasi dengan outer model dan inner model. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas elayanan (X1) berpegaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi Go-Pay. Kemudian variabel financial technology (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi Go�Pay. Dan persepsi nilai pelanggan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi Go-Pay. Nilai determinasi (R2) bahwa kepuasaan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, financial technology dan persepsi nilai pelanggan sebesar 90,8% sedangkan sisanya sebanyak 9,2% dijelaskan oleh variabel lain. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, financial technology dan persepsi nilai pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi Go-Pay. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Financial Technology, Persepsi Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan. ABSTRACT This study aims to study directly and indirectly the quality of service, financial technology and customer value perceptions of customer satisfaction in Go-Pay application users. This study uses primary data using questionnaires. The population in this study are all Go-Pay customers who live in RW.007 Ex. Utan Kayu Utara East Jakarta, with a sample size of 100 respondents using a simple random sampling technique. Data analysis in this study used path analysis. Methods of data processing using the PLS (Partial Least Square) method with the SmartPLS assistance program version 3.0 and evaluated with external models and internal models. The results of this study indicate that the service quality variable (X1) has a positive and significant effect on customer satisfaction on Go-Pay application users. Then the financial technology variable (X2) is positive and significant to customer satisfaction in Go-Pay application users. And the perception of customer value (X3) positive and significant perception of customer satisfaction in Go-Pay application users. The value of determination (R2) is customer satisfaction according to service quality, financial technology and customer value perception of 90.8% while the remaining 9.2% is requested by other variables. From this research it can be denied about service quality, financial technology and positive and significant customer value perceptions of customer satisfaction in Go-Pay application users. Keywords: Service Quality, Financial Technology, Customer Value Perception, and Customer Satisfaction

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorMegayani, MegayaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen > Manajemen Keuangan
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:31
Last Modified: 07 Dec 2021 04:31
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item