Fairani, Feni (2018) PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, SANKSI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP MOTIVASI WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK (KPP Pratama Jakarta Cakung Satu). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.
Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (478kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (529kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (424kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (667kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (285kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kualitas Pelayan Fiskus di KPP Pratama Jakarta Cakung Satu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linier berganda, Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji asumsi klasik, Uji Parsial T dan Uji simultan F serta mengelolah data dengan menggunakan SPSS 25. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak baik Orang Pribadi maupun Badan yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Cakung Satu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pengetahuan perpajakan memiliki nilai signifikan sebesar 0,174, dan sanksi pajak memiliki nilai signifikan sebesar 0.024 nilai ini lebih besar dari 0,05 maka keputusan yang diambil dari hasil uji ini adalah HO1 diterima dan Ha1 ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi wajib pajak dalam membayar pajak, sedangkan variabel kualitas pelayanan fiskus memiliki nilai signifikan sebesar 0,003 nilai ini lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan fiskus berpengaruh signifikan terhadap motivasi wajib pajak dalam membayar pajak. Dan dapat dilihat pada nilai F sebesar 11,593 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,000. Ho4 ditolak, karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,005. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengetahuan, sanksi pajak dan kualitas pelayanan fiskus berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak dalam membayar pajak secara simultan (bersama-sama). Kata Kunci : Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Motivasi Wajib Pajak. ABSTRACT This study aims to determine the Influence of Knowledge Taxation, Tax Sanctions, Quality Fiskus Servants in KPP Pratama Jakarta Cakung Satu. This research is a descriptive research using quantitative approach. Methods of data analysis used in this study are multiple linear regression analysis, validity test, reliability test, classical assumption test, partial T test and simultaneous test F and process data using SPSS 25. Population in this research is all taxpayer either private person or body registered in KPP Pratama Jakarta Cakung Satu. The number of samples in this study were as many as 100 respondents. Sampling was done using convenience sampling method. The results of this study indicate that the knowledge of taxation has a significant value of 0.174, and tax sanction has a significant value of 0.024 this value is greater than 0.05 then the decision taken from this test results HO1 accepted and Ha1 rejected so that it can be said that the influence of knowledge taxation and tax sanction have no significant effect to taxpayer motivation in paying tax, while the variable of service quality of fiskus have significant value equal to 0,003 this value is less than 0,05 so it can be said that the quality of tax service have a significant effect to taxpayer motivation in paying tax. And can be seen at the value of F of 11.593 with a significance value smaller than 0.000. Ho4 is rejected, since the significance value is less than 0.005. So it can be said that knowledge, tax sanction and the quality of tax service affect taxpayers motivation in paying taxes simultaneously (together). Keywords: Tax Knowledge, Tax Sanctions, Quality of Fiscal Services, Taxpayer Motivation.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akuntansi > Perpajakan | ||||||||
Divisions: | S1 Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | Ridho Adi Nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2022 04:45 | ||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2022 04:45 | ||||||||
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7046 |
Actions (login required)
View Item |