Achmad, Aisah (2022) ANALISIS FAKTOR SOSIAL, PSIKOLOGI DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SHOPPING ONLINE DIKALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Perilaku Konsumtif Shopping Online Mahasiswa S1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Jakarta Angkatan Tahun 2018 – 2022 Pada Marketplace Shopee). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Text (COVER+ABSTRAK)
COVER+ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (387kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (443kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (694kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (737kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (869kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh faktor sosial, faktor psikologi dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif shopping online dikalangan mahasiswa (studi kasus perilaku konsumtif shopping online mahasiswa S1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Jakarta angkatan tahun 2018 – 2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif yang diukur dengan menggunakan metoda berbasis regresi linear berganda dengan SPSS 21.00. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 STEI Rawamangun angkatan tahun 2018 – 2022. Sampel ditentukan berdasarkan metode purpose sampling, dengan jumlah sampel sebayak 350 responden yang didapatkan melalui rumus slovin. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang pengumpulan datanya melalui google form/kuesioner. Pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dengan menggunakan transformasi data metode suksesif interval (MSI) dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) faktor sosial berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku konsumtif shopping online dikalangan mahasiswa STEI Rawamangun angkatan tahun 2018 – 2022, (2) faktor psikologi berpengaruh signifikan negatif terhadap perilaku konsumtif shopping online dikalangan mahasiswa STEI Rawamangun angkatan tahun 2018 – 2022, (3) literasi keuangan berpengaruh signifikan negatif terhadap perilaku konsumtif shopping online dikalangan mahasiswa STEI Rawamangun angkatan tahun 2018 – 2022. Penelitian ini diharapkan dapat membuat mahasiswa dan masyarakat pada umumnya memiliki pengetahuan baru tentang cara mengendalikan keinginan untuk tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Keuangan Akuntansi > Akuntansi Syariah |
||||||||
Divisions: | S1 Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | AISAH ACHMAD | ||||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2022 02:06 | ||||||||
Last Modified: | 02 Dec 2022 02:06 | ||||||||
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/8972 |
Actions (login required)
View Item |