ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN DAN PENDAPATAN (Studi Kasus Pembenihan Ikan Nila Desa Selajambe KabupatenSukabumi)

MARWAH HANIS AIYAH, MARWAH (2021) ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN DAN PENDAPATAN (Studi Kasus Pembenihan Ikan Nila Desa Selajambe KabupatenSukabumi). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
1. COVER Marwah Hanis A SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (282kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1 Marwah Hanis A SKRIPSI (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2)
3. BAB 2 Marwah Hanis A SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (207kB)
[img] Text (BAB 3)
4. BAB 3 Marwah Hanis A SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (319kB)
[img] Text (BAB 4)
5. BAB 4 Marwah Hanis A SKRIPSI RVSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
6. BAB 5 Marwah Hanis A SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR REFRENSI)
7. DAFTAR REFRENSI Marwah Hanis A SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (17kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN Marwah Hanis A SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (508kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini antara lain 1. Untuk mengetahui pemasaran pembenihan ikan nla di Desa Selajambe Kabupaten Sukabumi. 2. Untuk mengetahui pendapatan pembenihan ikan nila di Desa Selajmbe Kabupten Sukabumi. Proses pengumpualn data dilakukn pada bulan April 2021. Lokasi penelitian dipilih karena menjadi salah satu usaha yang berkmbang di Kabupaten Sukabumi. Responden pada penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Sampel yang digunakan berjumlah 10 orang pembudidaya ikan nila. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara serta observasi langsung pada anggota Kelompok Pembudidaya Benih Ikan dengan menggunakan daftar pertanyaan atau kuisioner terhadap para petani di daerah penelitian. Pemasaran yang diteliti menghasilkan dua saluran pemasaran, saluran I : Pembudiaya – Distributor – Pengepul atau broker dan Saluran II : Pembudidaya – Pedagang – Konsumen. Analisis pendapatan pembenihan ikan nila di Desa SelajambeKabupaten Sukabumi dilakukan dengan metode BEP . Untuk analisis finansial pembeniha ian nila diketahui bahwa , BEP Harga : Rp 16.149, BEP Produksi : 464, dan BEP Penerimaaan : Rp. 546.782. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembenihan dilokasi penelitian dinyatakan menguntungkan apabila dijual diatas harga dan produksi diatas. ABSTRACT The objectives of this study include 1. To determine the marketing of nla fish hatchery in Selajambe Village, Sukabumi Regency. 2. To find out the income of tilapia hatchery in Selajmbe Village, Sukabumi Regency. The data collection process was carried out in April 2021. The research location was chosen because it was one of the developing businesses in Sukabumi Regency. Respondents in this study were obtained by purposive sampling method, namely the sampling technique deliberately in accordance with the required sample requirements. The samples used were 10 tilapia cultivators. Data was collected using interview techniques and direct observation of members of the Fish Seed Cultivator Group using a list of questions or questionnaires to farmers in the research area. The researched marketing produces two marketing channels, channel I: Cultivators – Distributors – Collectors or brokers and Channel II: Cultivators – Traders – Consumers. The income analysis of tilapia hatchery in Selajambe Village, Sukabumi Regency was carried out using the BEP method. For financial analysis of tilapia hatchery, it is known that, BEP Price : Rp. 16,149, BEP Production : 464, and BEP Revenue : Rp. 546,782. So it can be concluded that the hatchery in the research location is declared profitable if it is sold above the price and production above.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorNoersanti, Lina0311017701lina_noersanti@stei.ac.id
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: MARWAH HANIS AISYAH
Date Deposited: 01 Dec 2021 09:53
Last Modified: 01 Dec 2021 09:53
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6042

Actions (login required)

View Item View Item