ANALISIS TRANSAKSI E-COMMERCE DAN MODAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM (UMKM DALAM BIDANG KULINER DI WILAYAH KECAMATAN KELAPA GADING)

Khoirunnisa, Aski (2021) ANALISIS TRANSAKSI E-COMMERCE DAN MODAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM (UMKM DALAM BIDANG KULINER DI WILAYAH KECAMATAN KELAPA GADING). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

[img] Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (541kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (318kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Referensi)
DAFTAR REFERENSI.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (425kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (980kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Transaksi E-commerce dan Modal terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Perspektif Islam (UMKM bidang Kuliner di wilayah kecamatan Kelapa Gading). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) bidang kuliner di wilayah kecamatan Kelapa Gading. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa para informan menunjukan mayoritas memenuhi standar etika perilaku bisnis yang berdasarkan syariat Islam seperti menjaga kualitas barang, menggunakan bahan baku yang baik, melayani dengan baik dan ramah kepada para konsumen serta menetapkan harga yang relatif terjangkau. Mayoritas para informan memahami dan menggunakan akad bai’as-salam dalam transaksi E-commerce yang digunakan dalam kegiatan usahanya secara baik tetapi, ada beberapa yang belum memahami karena kurangya pengetahuan. E-commerce merupakan spanduk digital yang bisa di lihat oleh semua orang, memudahkan mendapatakan pelanggan serta meningkatakan pendapatan dalam menjalankan usahanya para pelaku usaha lebih menggunakan modal pribadi karena memiliki beberapa manfaat seperti seperti menekan biaya operasional, meminimalisir kerugian, mempertimbangkan dalam memilih pegawai, dan proses pemasaran yang efektif. This study aims to determine the Analysis of E-commerce and Capital Transactions on Increasing the Income of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in an Islamic Perspective (MSMEs in the Culinary field in the Kelapa Gading sub-district). This research uses a qualitative descriptive research type. Data collection techniques were carried out by triangulation, namely observation, interviews, and documentation. The object of this research is the micro, small and medium enterprises (MSMEs) in the culinary field in the Kelapa Gading sub-district. The results of the study show that the informants show that the majority meet ethical standards of business behavior based on Islamic law such as maintaining the quality of goods, using good raw materials, serving well and friendly to consumers and setting relatively affordable prices. The majority of informants understand and use the bai'as-salam contract in E-commerce transactions that are used in their business activities well but, there are some who do not understand because of lack of knowledge. E-commerce is a digital banner that can be seen by everyone, making it easier to get customers and increasing income in running their business, business actors use personal capital more because it has several benefits such as reducing operational costs, minimizing losses, considering choosing employees, and processes. effective marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorMais, Rimi Gusliananidn0315087401rimi.gusliana@stei.ac.id
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Modal dan UMKM
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Aski Khoirunnisa
Date Deposited: 09 Dec 2021 07:44
Last Modified: 09 Dec 2021 07:44
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6135

Actions (login required)

View Item View Item