Adinda Putri, Leona (2019) PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, LINGKUNGAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN, DAN KEMUDAHAN SISTEM TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA ONLINE SHOPPING). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.
Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (192kB) |
|
Text (BAB 2)
II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (585kB) |
|
Text (BAB 3)
III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (377kB) |
|
Text (BAB 4)
IV.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (525kB) |
|
Text (BAB 5)
V.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (170kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan Pemahaman Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Kemudahan Sistem secara parsial dan simultan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna E-commerce (Studi Kasus Pada Pengusaha Online Shopping). Populasi penelitian ini adalah pengguna E-commerce pengusaha online shopping di seluruh Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, yaitu teknik untuk menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 pengusaha online shopping yang telah memenuhi kriteria tertentu. Alat analisis untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Pemahaman Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, dan Kemudahan Sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna e-commerce (Studi Kasus Pada Pengusaha Online Shopping), variabel Sosialisasi Perpajakan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna e-commerce (Studi Kasus Pada Pengusaha Online Shopping). Secara simultan variabel Pemahaman Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Kemudahan Sistem secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna e-commerce (Studi Kasus Pada Pengusaha Online Shopping). Kata Kunci : Pemahaman Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kemudahan Sistem, Kepatuhan Wajib Pajak ABSTRACT This study aims to determine the positive and significant understanding of tax, taxpayer awareness, taxpayer environment, tax socialization, and partial and simultaneous ease of system towards taxpayer compliance with e-commerce users (case study at online shopping entrepreneurs). The population of this study is E-commerce users, online shopping entrepreneurs throughout Indonesia. The sampling technique used in this study is Purposive Sampling, which is a technique for determining research samples with certain considerations aimed at making the data obtained later more representative. The number of samples used in this study are 100 online shopping entrepreneurs who have met certain criteria. The analytical tool to test the hypothesis in this study uses the Partial Least Square (PLS) program using version 3.0 SmartPLS software. The results of this study indicate that partially, the Tax Understanding variable, Taxpayer Awareness, Taxpayer Environment, and System Convenience have a positive and significant effect on e-commerce User Taxpayer Compliance (Case Study of Online Shopping Entrepreneurs), Tax Socialization variables have a positive effect but not significant to the compliance of e-commerce user taxpayers (Case Study of Online Shopping Entrepreneurs). Simultaneously the Tax Understanding variable, Taxpayer Awareness, Taxpayer Environment, Taxation Socialization and System Ease together have a positive and significant effect on e-commerce User Taxpayer Compliance (Case Study at Online Shopping Entrepreneurs). Keywords: Understanding of Taxes, Taxpayer Awareness, Environment Taxpayers, Tax Socialization, System Ease, Taxpayer Compliance
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akuntansi > Perpajakan | ||||||||
Divisions: | S1 Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | Ridho Adi Nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2021 02:45 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2021 02:45 | ||||||||
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/5793 |
Actions (login required)
View Item |