PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Industri Food and Beverages yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Fatmasari, Fatmasari (2019) PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan Industri Food and Beverages yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (895kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (399kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (468kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (344kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage (LtDER), ukuran perusahaan (UP) dan profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PBV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi melalui situs resmi IDX www.idx.co.id. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 60 sampel perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan industri food and beverages periode 2014-2018, artinya semakin tinggi struktur modal dan profitabilitas akan meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya besar kecilnya ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. ABSTRACT This research study aims to determine the effect of leverage (LtDER), company size (UP) and profitability (ROA) on firm value (PBV). This study uses a quantitative approach. The data used in this study are secondary data and data collection methods using documentation through the official website of IDX www.idx.co.id. The population of this research is the Food and Beverages sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2014-2018 period. The sampling technique in this study used a purposive sampling method and obtained 60 company samples. The analytical method used in this research is panel data regression analysis with Eviews 10. The results of this study indicate that leverage and profitability have a positive and significant effect on the value of food and beverage companies in the 2014-2018 period, meaning that the higher the capital structure and profitability will increase the value of the company. While the size of the company is not significant to the value of the company, meaning that the size of the company size is not significant to the value of the company. Keywords : Leverage, Company Size, Profitability and Company Value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorM. Anhar, M. AnharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen > Manajemen Keuangan
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 15 Dec 2021 06:42
Last Modified: 15 Dec 2021 06:42
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6266

Actions (login required)

View Item View Item