PENGARUH PENGETAHUAN, SISTEM BAGI HASIL DAN IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PADA BANK BNI SYARIAH

TRISUSANTI, INDAH (2018) PENGARUH PENGETAHUAN, SISTEM BAGI HASIL DAN IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PADA BANK BNI SYARIAH. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (263kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (259kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (340kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis serta menguji pengaruh dari Pengetahuan, Sistem Bagi Hasil dan Implementasi Corporate Social Responsibility terhadap Minat Masyarakat menjadi Nasabah pada Bank BNI Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan strategi Kausalitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang telah merasakan dampak dari implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BNI Syariah. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat RW.06 dan RW.07 Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Insidental. Dengan jumlah sampel sebanyak 80 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari jawaban responden yang berasal dari kuesioner. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang disebar dan diisi oleh responden dengan bantuan skala Likert 4 (empat) poin. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS Versi 22. Metode analisis data terdiri dari: (1) Statistik Deskriptif, (2) Uji Kualitas Data, (3) Uji Asumsi Klasik, (4) Analisis Regresi Linier Berganda, (5) Uji Hipotesis (Uji-t), dan (6) Analisis Koefisien Determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada Bank BNI Syariah, (2) Sistem Bagi Hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada Bank BNI Syariah dan (3) Implementasi Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada Bank BNI Syariah. Kata Kunci : Pengetahuan, Sistem Bagi Hasil, Implementasi Corporate Social Responsibility dan Minat Menjadi Nasabah This study aims to find out and analyze and test the influence of Knowledge, Profit Sharing System and Implementation of Corporate Social Responsibility on Community Interests to become a Customer at Bank BNI Syariah. This study uses quantitative methods with Causality strategies. The population in this study is the people who have known the impact of the implementation of Bank BNI Syariah's Corporate Social Responsibility (CSR). The sample in this study is the community RW.06 and RW.07 Kelurahan Bidara Cina, East Jakarta. The sampling technique which is incidental sampling. With a total sample of 80 samples. The data used in this study is primary data, namely data obtained from respondents' answers from the questionnaire. Data collection method uses questionnaire method which is distributed and presented by respondents with the help of a 4 (four) point Likert scale. Data analysis tools in this study use SPSS Version 22. Data analysis methods consist of: (1) Descriptive Statistics, (2) Data Quality Test, (3) Classical Assumption Test, (4) Analysis of Multiple Linear Regression, (5) Hypothesis Test (T-test), and (6) Determination Coefficient Analysis (R2 ). The results showed that partially: (1) Knowledge has a positive and significant effect on the public interest in being a customer at Bank BNI Syariah, (2) a Profit Sharing System had a positive and significant effect on the public interest in becoming a customer at Bank BNI Syariah and (3) Implementation of Corporate Social Responsibility does not have a significant effect on the public interest in becoming a customer at Bank BNI Syariah. Keywords: Knowledge, Profit Sharing System, Implementation of Corporate Social Responsibility and Interest in Becoming a Customer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorDahlifah, DahlifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi > Sistem Informasi Akuntansi
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:45
Last Modified: 22 Mar 2022 05:45
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7390

Actions (login required)

View Item View Item