PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH (PPnBM) TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BEKASI

DELVIA ADITIA, VINA (2018) PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH (PPnBM) TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BEKASI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (36kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (128kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (83kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (151kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap daya beli konsumen kendaraan bermotor. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Nusantara Berlian Motor Dealer Mitsubishi yang berada di Bekasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu yang digunakan adalah program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen Pajak Pertambahan Nilai (PPN) berpengaruh secara signifikan terhadap daya beli konsumen. Sedangkan PPnBM tidak berpengaruh signifikan terhadap daya beli konsumen. Kata Kunci : PPN, PPnBM dan Daya Beli Konsumen The purpose of this study was to determine the effect of imposition of Value Added Tax (PPN) and Sales Tax on Luxury Goods (PPnBM) on the purchasing power of consumers of motorized vehicles. Sampling using purposive sampling method, the samples used in this study are consumers of PT. Nusantara Berlian Motor Mitsubishi Dealer located in Bekasi. This study uses multiple linear regression analysis with the tools used is the SPSS version 23 program. The results of this study indicate that the independent variable Value Added Tax (VAT) significantly influences the purchasing power of consumers. While PPnBM does not have a significant effect on the purchasing power of consumers. Key Word : PPN, PPnBM and Daya Beli Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorSupriati, DianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi > Perpajakan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Ridho Adi Nugroho
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:20
Last Modified: 13 Apr 2022 04:20
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7511

Actions (login required)

View Item View Item