Rasulangi, Nouvan (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN DAN WAKTU KEDATANGAN CONTAINER PADA PT SIMA BINTANG NIAGA JAKARTA UTARA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Text (COVER + ABSTRAK)
Cover + Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (829kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (258kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (554kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR REFRENSI + LAMPIRAN)
Daftar Refrensi + Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Ref)
Daftar Refrensi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (121kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sisstem model antrian yang terjadi pada container di PT Sima Bintang Niaga Jakarta Utara. Seperti waktu yang diperlukan pada tiap container untuk melakukan antrian dalam pelayanan yang terjadi di perusahaan serta menentukan efektivitas pelayanannya. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adala asosiatif, yakni dengan melakukan pendekatan kualitatif sebagai metoda penelitiaan. serta menghitung beragam jenis contaner yang dilakukan pelyanan pada PT Sima Bintang Niaga Jakarta Utara, Teknik dalam mengumpulkan sampel yaitu menggunakan teknik purpove sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu atau tujuan tertentu. Sampel dalam penelitian ini diambil dari data jumlah kedatangan nasabah, waktu tunggu rata – rata dalam antrian, dan waktu pelayanan container di PT Sima Bintang Niaga Jakarta Utara. Dalam penelitian ini, data yang terkumpul di olah menggunakan software POM – QM For Windows Versi 5.3 QM merupakan kepanjangan dari Quantitatif Method yang artinya perangkat lunak tentang manajemen operasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem antrian pada PT Sima Bintang Niaga Jakarta Utara dengan menggunakan 3 Pelayanan servis bisa dikatakan sudah optimal karena rendahnya waktu untuk menganggur karena rata-rata tingkat kedatangan Container tercatat sedang (tidak tinggi atau tidak juga rendah). Hal ini terbukti dengan jumlah conntainer pada waktu tunggu antrian dalam 1 container dan waktu tunggu yang dihabiskan container dalam sistem sudah sesuai dengan standar layanan yakni 9 menit, untuk hasilnya sudah mendekati yaitu menit 9,1002 menit. ABSTRACT This study was conducted to find out how the queuing model system occurs in containers at PT Sima Bintang Niaga, North Jakarta. Such as the time required for each container to queue in services that occur at the company and determine the effectiveness of its services. The strategy used in this research is associative, namely by taking a qualitative approach as a research method. as well as calculating various types of containers that are serviced at PT Sima Bintang Niaga North Jakarta. The technique for collecting samples is using a purpove sampling technique, namely taking samples with certain considerations or certain goals. The sample in this study was taken from data on the number of customer arrivals, average waiting time in queues, and container service time at PT Sima Bintang Niaga North Jakarta. In this study, the data collected was processed using POM software – QM For Windows Version 532. QM is an abbreviation of Quantitative Method, Based on the results of this study, it shows that the queuing system at PT Sima Bintang Niaga North Jakarta using 3 services can be said to be optimal because of the low time to be idle, which is why the average container arrival rate is moderate (neither high nor low). This is proven by the number of containers in the queue waiting time in 1 container and the waiting time spent by the container in the system is in accordance with the service standard, which is 9 minutes, for the result it is close to 9,1002 minutes
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen > Manajemen SDM Manajemen > Manajemen Operasional |
||||||||
Divisions: | S1 Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Nouvan Rasulangi | ||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2022 01:45 | ||||||||
Last Modified: | 12 Aug 2022 01:45 | ||||||||
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7915 |
Actions (login required)
View Item |