ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI, KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH (Studi kasus pada nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Buaran)

Sari, Novita (2022) ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI, KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH (Studi kasus pada nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Buaran). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (Cover - Abstract)
Cover - Abstract.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (487kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (556kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh Teknologi, Kemudahan dan Fitur Layanan terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Mobile Banking Pada Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan metode kuantitatif asosiatif kausalitas, yang diukur dengan menggunakan metode SEM-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan alat analisis SmartPls 3.0. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah pada Bank BSI wilayah Buaran, Jakarta Timur. Teknik pengukuran sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 374 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi melalui google form untuk kuisioner. Pengujian hipotesis menggunakan bootstrapping untuk mengetahui hasil analisis. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Teknologi Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menggunakan mobile banking pada bank syariah, (2) Kemudahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menggunakan mobile banking pada bank syariah, (3) Fitur Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menggunakan mobile banking pada bank syariah. Kata Kunci : Teknologi, Kemudahaan penggunaan, Fitur Layanan, dan Mobile Banking. ABSTRACT This study aims to examine whether the influence of technology, convenience and service features on public interest in using mobile banking in Islamic banks. This study uses a descriptive type of research that uses quantitative associative causality, which is measured using the SEM-Partial Least Square (SEM-PLS) method using the SmartPls 3.0 analysis tool. The population of this study are customers at Bank BSI in the Buaran area, East Jakarta. The sampling technique was determined based on the purposive sampling method, with a total sample of 374 respondents. The data used in this study are primary data. The data collection technique uses the documentation method via google form for questionnaires. Test the hypothesis using bootstrap to find out the results of the analysis. The results of the study prove that (1) Information Technology has a positive and significant effect on people's interest in using mobile banking in Islamic banks, (2) Convenience has a positive and significant effect on people's interest in using mobile banking in Islamic banks, (3) Service features have a positive effect. and significant to public interest in using mobile banking in Islamic banks. Keywords : Technology, Ease of use, Service Features, and Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorDahlifah, DahlifahNIDN0331127504dahlifah@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Syariah
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: NOVITA SARI
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:26
Last Modified: 21 Dec 2022 03:26
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/9117

Actions (login required)

View Item View Item