ANALISIS WAKTU TUNGGU SISTEM PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN GUNA MENGOPTIMALISASIKAN KEDATANGAN PELANGGAN DI MCDONALD’S KIRANA BOUTIQUE

Nilna Inikati, Iffer (2015) ANALISIS WAKTU TUNGGU SISTEM PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN GUNA MENGOPTIMALISASIKAN KEDATANGAN PELANGGAN DI MCDONALD’S KIRANA BOUTIQUE. Skripsi thesis, Sekolahi Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (299kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (395kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (335kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem antrian yang saat ini diterapkan oleh Mcdonald’s Gading Kirana dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menggunakan teori antrian dan kemudian melakukan perhitungan antrian untuk mendapatkan hasil pelayanan restoran terhadap pelanggan yang hadir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model antrian yang digunakan pada Mcdonald’s Gading Kirana adalah M/M/S. Metode analisis data menggunakan perangkat lunak “software POM-QM ver 5.3 dengan modul waiting lines. Berdasarkan penelitian pada tanggal 05 – 11 Juli 2020, Mcdonald’s Gading Kirana mempunyai dua cashier, mempunyai nilai rata-rata tingkat pelayanan (μ) sebesar 20 pelanggan per jam dan rata-rata tingkat kedatangan (λ) sebesar 30 pelanggan per jam. Hasil kinerja sistem antrian menunjukan bahwa rata-rata tingkat kegunaan pelayaan (ρ) sebesar 0.766667 atau 76.66%. Rata-rata probabilitas tidak ada pelanggan dalam sistem ( atau pelanggan yang sedang dilayani ditambah pelanggan yang sedang menunggu sebesar 0.24577 atau 24.57%, rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem adalah 3.34565 atau 3 orang, dan rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pelanggan dalam sistem sebesar 4.82483 menit. Hal tersebut menunjukan bahwa kasir pelayanan terbuka pada McDonald’s Gading Kirana saat ini kurang optimal karena waktu yang dihabiskan seorang pelanggan dalam sistem masih diatas standar waktu pelayanan yang ditetapkan yaitu 3 menit. Kata kunci, sistem antrian,pelayanan,cashier

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorFarmansjah, MalikiUNSPECIFIEDfarmanmaliki@yahoo.co.id
Uncontrolled Keywords: Sistem Antrian, pelayanan, cashier
Subjects: Manajemen > Manajemen Operasional
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Users 1046 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2021 09:51
Last Modified: 04 Jan 2021 09:51
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item