Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Terhadap ( Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Oktavius, Valensia (2022) Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Terhadap ( Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (344kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (856kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (533kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Referensi)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (355kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (785kB)

Abstract

Abstrak Indonesia : Tujuan penelitian ini agar menguji pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui data laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini ialah Manufaktor pada sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI. Teknik pemilihan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh 45 perusahaan dengan periode penelitian 2018-2020. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan Eviews 10. Hasil penelitian membuktikan bahwa, (1) Leverage berpengaruh negatif dan signifikan Terhadap Manajemen Laba dikarenakan adanya pengawasan lebih ketat oleh pemberi kredit sehingga dengan tingkat leverage yang tinggi membuat kegiatan manajemen laba menurun, (2) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh Terhadap Manajemen Laba dikarenakan ukuran perusahaan belum mampu menjadi tolak ukur perusahaan melakukan manajemen laba dan adanya pengawasan yang ketat dari pemerintah, investor yang mana ikut dalam menjalankan perusahaan mana membuat manajer tidak berani dalam melakukan manajemen laba. (3) Leverage dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan dalam Manajemen Laba pada tabel menunjukkan nilai signifikansi F sebesar 0,03. Maka secara bersama berpengaruh dengan tingkat leverage yang tinggi dan juga ukuran perusahaan membuat adanya tindakan manajemen laba yang terjadi karena adanya kesempatan yang dimiliki. Abstrak Inggris : The purpose of this study is to examine and analyse how leverage and firm size influence earnings management in consumer goods manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2018-2020 period. This data used in this study were obtained through financial statement data. The population in this study are manufactures in the consumer goods sector listed on the IDX. The sample selection technique was purposive sampling and obtained 45 companies with the 2018 – 2020 research period. The data analysis method uses panel data regression analysis with Eviews 10. The results of the study prove that, (1) Leverage has a negative and significant effect on Earnings Management due to stricter supervision by credit lenders so that a high level of leverage makes earnings management activities decrease, (2) Company size has no effect on Earnings Management because the size of the company has not able to be a benchmark for companies to carry out earnings management and the existence of strict supervision from the government, which investors participate in running the company which makes managers not dare to do earnings management. (3) Leverage and Company Size simultaneously have a positive and significant effect on Earnings Management. Leverage and Firm Size simultaneously have a positive and significant effect on Earnings Management in the table showing a significance value of F of 0.03. So, together with the effect of a high level of leverage and also the size of the company, earnings management actions occur because of the opportunities they have.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorKAMIL, KRISHNA0304015801krishna_kamil@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manajemen
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Valensia Oktavius
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:45
Last Modified: 05 Apr 2022 06:45
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7440

Actions (login required)

View Item View Item