Sitio, Pikri Abijar (2022) ANALISIS SISTEM ANTREAN GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PASIEN PADA PUSKESMAS KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Text (COVER + ABSTRAK)
PENDAHULUAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (534kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3 REPOSITORI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (683kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (472kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sistem antrean yang diterapkan di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Untuk mengetahui waktu yang diperlukan setiap pasien dalam melakukan antrean pelayanan pada loket pendaftaran, untuk mengetahui jumlah kedatangan pasien yang datang perhari, serta untuk mengetahui jumlah loket yang dibuka dalam waktu pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif sebagai metode peneitian. Serta menghitung jumlah pasien yang datang ke Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur yang melakukan pendaftaran pada loket yang telah disediakan. Teknitk dalam pengumpulan sampel yang digunakan adalah purpove sampling, yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu sesuai tujuan yang direncanakan. Sampel data yang diambil didalam penelitian ini dari data kedatangan jumalah pasien, waktu tunggu rata-rata dalam sistem antrean, dan waktu yang pelayanan pada loket pendaftaran Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Dalam Penelitian ini, data yang dikumpulkan diolah menggunakan software POM – QM For Windows Versi 5.3. Berdasarkan dari hasil penelitian ini menujukan bahwa sistem antrean pada Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Dengan menggunanakan 4 loket pendaftaran tidak optimal karena waktu tunggu dalam mengantri terlalu lama disebabkan tingkat kedatangan pasien yang tinggi. Hal terbukti dengan jumlah pasien yang menunggu dalam antrean sebanyak 5 pasien dan waktu tunggu yang dihabiskan setiap pasien dalam sistem tidak sesuai dengan standart pelayanan yakni 4 menit, untuk hasilnya tidak efektif yaitu 6,3652 menit. ABSTRACT This study was conducted to determine the queuing system applied at the Duren Sawit District Health Center, East Jakarta. To find out the time it takes for each patient to queue for services at the registration counter, to find out the number of patient arrivals who come per day, and to find out the number of counters opened during service time. This study uses a quantitative approach as a research method. Include the number of patients who come to the Duren Sawit District Health Center, East Jakarta, who register at the counter provided. The technique in collecting samples used is purpove sampling, namely taking samples with certain considerations according to the planned objectives. The sample data taken in this study were the arrival data of the number of patients, the average waiting time in the queuing system, and service time at the registration counter of the Puskesmas Duren Sawit District, East Jakarta. In this study, the data collected was processed using POM software – QM For Windows Version 5.3. Based on the results of this study, it shows that the queuing system at the Duren Sawit District Health Center, East Jakarta. Using 4 registration counters is not optimal because the waiting time in queuing is too long due to the high patient arrival rate. This is proven by the number of patients waiting in line as many as 5 patients and the waiting time spent by each patient in the system is not in accordance with the service standard, which is 4 minutes, for the results are not effective, namely 6,3652 minutes.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen > Manajemen SDM | ||||||||
Divisions: | S1 Manajemen | ||||||||
Depositing User: | PIKRI ABIJAR SITIO | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:58 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2022 07:58 | ||||||||
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/7994 |
Actions (login required)
View Item |