HUBUNGAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP PENJUALAN CELANA JEANS PADA UD. UTAMA JAYA

Puspa, Nurul Afifah (2015) HUBUNGAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP PENJUALAN CELANA JEANS PADA UD. UTAMA JAYA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (77kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11kB)
[img] Text (DAFTAR REFERENSI)
DAFTAR REFERENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK Biaya produksi adalah biaya yang terjadi untuk mengelola bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual, yang terdiri dari tiga unsur, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead sedangkan penjualan adalah berarti proses kegiatan menjual yaitu kegiatan penentuan harga jual sampai produk didistribusikan ketangan konsumen (pembeli). Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara biaya produksi dengan harga jual pada UD. Utama Jaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan. Alasan penelitian ini menggunakan metode ini karena dalam memecahkan masalah yang ada dalam penelitian ini memerlukan data yang bersifat objektif dan faktual dari lembaga yang diteliti, yaitu di UD. Utama Jaya. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi penelitian deskritif analitik. Populasinya adalah laporan biaya produksi dan penjualan pada UD. Utama Jaya. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan nilai r 0,973 menunjukkan hubungan biaya produksi terhadap harga jual adalah sangat kuat dengan hubungan yang bersifat positif, searah, dalam arti jika biaya produksi meningkat, maka penjualan meningkat, dan sebaliknya. Diperoleh thitung sebesar13,458, maka dapat diketahui bawa thitung = 13,458 > ttabel = 1,812 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara biaya produksi terhadap harga jual celana jeans pada UD. Utama Jaya Daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Kata Kunci : Biaya Produksi, Penjualan.// ABSTRACT Production costs are costs incurred to raw materials into finished products ready for sale, which consists of three elements, namely the cost of raw materials, labor costs, and overhead costs while sales is meant the process of selling is the selling activities to product pricing distributed into the hands of consumers (buyers). The objective of this study was to determine the effect of the cost of production and selling price at UD. Utama Jaya. The research method used mainly in this research is descriptive method, which is a method used to answer the research problems that have been formulated. The reason this research using this method because in solving the problems that exist in this study requires data that is objective factual fan of the institutions studied, namely at UD. Utama Jaya. The strategy used in this research is descriptive analytic research strategy. Its population is a report on the cost of production and sales of UD. Utama Jaya. Based on the research results of the calculation of the value of r 0.973 shows the relationship of production costs to the selling price is very strong with a relationship that is positive, the direction, in the sense that if the cost of production increases, the sales increase, and vice versa. Obtained tarithmetic 13,458, it can be seen carrying tarithmetic = 13.458> ttabel = 1.812 so that Ho is rejected and Ha accepted means there is a significant positive relationship between the cost of production to sales Jeans at UD. Utama Jaya Regional Kemayoran, Central Jakarta. Keywords: Cost of Production, Sales.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDNEmail
Thesis advisorYusrizal, MuhammadNIDN0321076101m.yusrizal@stei.ac.id
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Mr Miptahudin Almurtado
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:26
Last Modified: 24 Aug 2022 03:26
URI: http://repository.stei.ac.id/id/eprint/8168

Actions (login required)

View Item View Item